HARI ANAK NASIONAL , IRONIS EDUKASI DAN PENDIDIKAN ANAK-ANAK

23 07 2008

Hari ini 23 juli 2008 , bertepatan dengan peringatan “ hari anak nasional “

. Iseng-iseng liat acara di TV , barangkali saja ada tayangan anak yang positif dan membangun mentalnya ke depan . Tapi sungguh mengejutkan , ada satu survey yang menunjukkan , bahwa hamper 97 % anak2 di Indonesia sudah menonton film dengan kategori dewasa , aktifitas ciuman di kalangan mereka sendiri juga sangat tinggi , kekerasan bahkan perkosaan juga tinggi , dan yang lebih mengejutkan aborsi mencapai 21 % .

Miris , ironis dan menyedihkan .

Tapi sebetulnya ngga heran juga sich , soalnya media televisi dan tabloid remaja yang ada saat ini , mohon maaf , sangat jauh dari kesan edukatif dan mendidik . Pernah liat khan di sinetron nyang tayang di tv , anak SD aja udah bisa pacaran , negelawan gurunya , sirik sampe bisa punya niatan mencelakakan temannya . Wuih …. Indonesia , dasyat banget ya . Dan mohon maaf nich buat artis cilik Indonesia saat ini , banyak dari mereka yang memebri contoh dan preseden nyang buruk . Apalagi kalau nyang ditunjukkan adalah gimana cara dandan dan cara gaul supaya bisa jadi orang nyang populer. Lantas pelajaran dan moral edukasinya di mana ya ????

Rindu nich ama tayangan nyang menyajikan cara beradab dan bersopan santun nyang baik , menghormati orang nyang lebih tua , menjunjung tinggi arti persahabatan dan pertemanan , bukan memupuk rasa iri dan dendam serta rasa permusuhan . Akibatnya liat diri dong , tawuran nyang ngga pernah berhenti , bahkan tawuran tersebut sampai ke gedung dewan nyang terhormat , Maluuuuuu banget dech jadi salah satu warga Indonesia ….

Kangen juga ma lagu anak2 nyang membangun rasa cinta tanah air dan berisi pendidikan moral sejak dini . Soalnya udah ngga ada lagi lagu kayak gitu , kayaknya juga penyanyi anak2 nyang pure juga ngga ada ya sekarang . Banyaknya penyanyi anak2 nyanyinya lagu dewasa dengan tema percintaan , Sempet kaget waktu liat ponakan aku sendiri nyang usianya 4 taun nyanyi lagu percintaan , kayak lagunya peterpan dan d`,masiv. Busyet , ternyata dunia Indonesia emang dah banyak berubah ya , tapi maaf ternyata berubah kea rah nyang lebih buruk.

Kayaknya mang sekarang kita kudu memperhatikan psikologis anak2 negeri ini , jangan sampe kayak sekarang ni nyang jadi liputan headline di media , kasus pembunuhan mutilasi by Heri Santoso , nyang katanya adalah pembunuh berdarah dingin dengan orientasi seks nyang berbeda . Cuma agak sedikit tersinggung , soalnya katanya berdasarkan penelitian , kalo spesifikasi pembunuh berdarag dingin itu , religi , puitis , … waduh realylife khan termasuk nyang puitis …. Termasuk ngga ya ? hehehe , diserahkan ma blogger aja dech jawabannya …

Nach balik lagi ke cerita tentang headline news itu , ternyata , masa lalu saat kecil nyang kelam mempengaruhi kondisi kejiwaan di masa dewasa , sehingga merubahnya menjadi pembunuh berdarah dingin.

Jadi kudu ati2 emang dengan psikologis dan moral ke depan anak2 .

O iya , ngga lengkap kalo saya mengulas masalah tanpa solusi , karena semuanya itu masih bisa berubah. Ngga ada nyang ngga bisa berubah . Mari kita sama2 merubahnya , membatasi anak menonton acara televisi nyang ngga sesuai dengan usia mereka , menumbuhkan minat nyang tinggi untuk membaca , memperkenalkan dunia teknologi dan dunia nyang sudah berubah dengan cepat ke arah nyang lebih maju.

Berusaha menjaga kelestarian budaya dan aset2 nya , diperkenalkan pada anak2 kita sejak dini untuk memupuk rasa cinta dan bangga mereka sebagai anak Indonesia.

O iya , meski dengan masalah nyang menumpuk dan mendera negeri ini , saya tetap bangga kok , tetap cinta pada negeri ini

Ambo, ulun , Aku , cinta dan bangga menjadi Anak Indonesia.

Sekali lagi “ Selamat hari anak nasional “ , semoga bukan cuma seremonial dan peringatan semata , Akan tetapi perhatian pada pendidikan dan kesehatan mereka , serta jaminan nyang layak buat anak2 Indonesia nyang nota bene adalah generasi harapan bangsa demi terwujudnya Indonesia nyang lebih maju dan lebih baik di masa depan.

Amin.


Actions

Information

13 responses

23 07 2008
Dhimas

Tayangan setantron sangat berbahaya bagi perkembangan pola pikir anak.. Oleh karena itu peran orang tua sangat penting dalam pemilihan tayangan televisi yg tepat bagi anak. karena bagaimanapun masih ada acara televisi yg bernilai edukatif meski prosentasenya sangat kecil..

Realylife Menjawab : betul banget , saya setuju sekali

23 07 2008
trendy

ini gara2 kita nggak bisa memfilterisasi kebudayaan barat yang datang!
ceilah!
om saya juga nonton tuh beritanya!
wekekekek

Realylife Menjawab : iya , kasian banget khan generasi muda negeri ini , nyokkk kita selamatkan

23 07 2008
proletarman

wong lagu anak2 aja ga ada. Mereka semua pada hapal Buaya darat, yah kedewasaannya juga jadi dipercepat.
kangn sama si Unyil yang telah membuatku betah untuk sekolah dulu..
salam

Realylife Menjawab : iya aku juga kangen ma unyil nyang originil , ada pak ableh , pak raden , pak ogah , bu bariah dlll , kapan ya ada lagiiiiii

24 07 2008
Effendi

ntar saya ciptakan lagu anak anak ya..ikut dong di kopdar2..yukk

Realylife Menjawab : wah … saya tunggu nich, o iya kapan mau kopdarnya ??? tapi pasti datang khan kalo kopdar ???

24 07 2008
Daniel Mahendra

Mengibakan juga fakta tersebut…

Realylife Menjawab : Tul banget mas

24 07 2008
akokow

hmm, apa mending gak punya anak aja kali yah?

Realylife Menjawab : waduh aku bingung juga nich , punya ngga ya ???

24 07 2008
kucingkeren

wah…komen nya akokow seru juga..sy jd inget salah seorang teman yang gak mau punya anak krn takut dg masa dpn anaknya di negeri ini.. dan sp sekarang dia msh konsisten dg pilihannya itu.. duhh tragis yaa..

Realylife Menjawab : tapi masih ada positifnya ,,, khan dunia ini indah dengan anak2 , toch kita juga dulunya anak2 khan ???

24 07 2008
Zalukhu

“Cuma agak sedikit tersinggung , soalnya katanya berdasarkan penelitian , kalo spesifikasi pembunuh berdarag dingin itu , religi , puitis , … waduh realylife khan termasuk nyang puitis …. Termasuk ngga ya ? hehehe , diserahkan ma blogger aja dech jawabannya …”
Emang sih kelihatannya agak mencurigakan wkwkwkwwk oh yah pertanyaan Abang Said tadi di blogku jawabannya kalau ga ada halangan kemungkinan pesawat akan lepas landas pada hari Jumat (bersama 5 blogger sumut lainnya) pukul 21.31 wib. Walahhhh apa pula ini hahaha

Realylife Menjawab : ditunggu aja ya pendaratannya

24 07 2008
Rafki RS

Sepertinya Komisi Penyiaran sama Komisi Perlindungan Anak itu nggak ada taring sama sekali ya? Mereka hadir hanya untuk menghabiskan anggaran negara saja. Buktinya tayangan televisi nggak menjadi lebih baik.

Realylife Menjawab : iya juga kali ya pak ?? apa emang musti kita nyang turun tangan , gimana nyang lain setujuuuu ngga ???

24 07 2008
Adieska

Yah memang begitulah Indonesia. Untuk menghayal aja anak2 Indonesia udah kalah ama orang luar. Apalagi untuk berkreasi. Memang perlu banyak tontonan yang lebih edukatif ya bro…😀

Realylife MENjawab : mari kita buat tayangan nyang lebih edukatif , setujuuuu ???

25 07 2008
okta sihotang

1. anak2 sekarang sudah hilang kehidupan anak2nya..
2. anak2 sekarang banyak yang terlantar, tidak dipedulikan orang tuanya masing2
3. anak2 sekarang, banyak ditindas….

25 07 2008
fenny

di hari anak nasional ini….. seenggaknya mari mengingat satu hal……
“itu tanggal lahir saya lohhh” wekekekekek gyahahahaha
*kaburrrr*

25 07 2009
Saung Web

Isyu soal anak ini memang kurang diperhitungkan oleh para elit politik ini..dalam kampanye pileg atau pilprespun.. rasanya belum dengar tuh…. kurang marketable pikirnya.. padahal mencakup hampir 90 juta jiw lho dan 20-30 th lagi negeri ini ada ditangan mereka..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s