harapan itu akan selalu ada

10 06 2008

iseng tadi nonton metro tv . 10 masalah yang paling mendasar di negeri ini

1 . Masalah ekonomi : ya jangan salah , emang kita walaupun dengan kekayaan yang banyak , ibarat kata laut yang luas , hutan yang luas , budaya yang kaya , tanah yang kaya sumber alam , namun sdm yang kurang bisa menangani , akhirnya harus puas dengan masalah lilitan hutang yang terus menggelembung , sehingga ada jargon anak bayi sudah punya hutang.

2 . Masalah korupsi : Ini sich ngga usah di bilangin , emang sejak jaman dahulu waktu penjajah masuk udah ditanami dengan budaya ngga bagus seperti itu , politik adu domba yang membuat penjajah bisa berlama2 menikmati hasil bumi negeri ini , portugal , belandan dan jepang adalah negara yang tak tahu berterimakasih dengan Indonesia yang sudah membuat mereka menjadi kaya sekarang dengan hasil bumi yang dikeruk selama bertahun2 .

3 . masalah kemiskinan : wah ini juga dari dulu ngga kelar2 , kemiskinan masih bertambah banyak , meski negeri ini katanya sudah merdeka puluhan tahun . Kemiskinan tetap menjadi momok , diperkirakan ada sekitar 44 juta jiwa penduduk Indonesia akan miskin sampai akhir tahun 2008

4 . Masalah pendidikan : di negeri yang banyak sdm nya , tapi sungguh ironi justru pendidikan seakan terlupakan dan terabaikan . Generasi muda seolah hanya milik segelintir orang saja , persis jaman penjajahan dulu , bukan milik mereka yang miskin , yang mengamen di jalan , atau yang memang bukan dari golongan mampu , belum lagi masalah gedung sekolah yang ambruk dan tumbang di sana sini , cerminan negeri ini yang perlahan tapi pasti akan ambruk

5 . Masalah pengelolaan BBM : Ironis , negeri penghasil minyak mentah yang masuk cukup besar akhirnya menimpor minyak jadi dengan harga mahal . Emangnya kita ngga punya tenaga yang bisa mengolah minyak mentah jadi produk turunan yang bagus sehingga harus mengundang investor asing yang dengan seenak perutnya mengeksploitasi kekayaan alam negeri ini ?

6 . Masalah tingginya harga pangan : Kasian dengan negeri seagraris Indonesia , dengan sangat pahit kita menerima kenyataan kita mengimpor beras dan gula dari luar negeri , sedang lahan produktif banyak yang dijadikan kawasan industri , bisnis centre , mall , perumahan elite yang terkadang cuma sia2 belaka , kepentingan bisnis sesaat yang dipikirkan menghancurkan kepentingan jutaan yang lain penduduk negeri ini , Ironis

7 . Masalah kelaparan dan gizi buruk : Ironis , negeri yang punya banyak sumber makanan tapi cuma dinikmati oleh sebagian kalangan menengah ke atas yang kadang membuang makanan tersebut ke tempat sampah alias mubazir, kasian kadang ada anak negeri ini yang tak perduli dengan perut orang lain , meski itu saudaranya sendiri

8 . Masalah bencana : Negeri ini memang tidak pernah lepas dari bencana mulai dari tsunami , gunung meletus , banjir , kadang bukan diakibatkan oleh alam tapi tangan2 manusia yang memanfaatkan keuntungan sesaat.

9 . Masalah pengangguran : ada sekitar 40 juta orang pengangguran usia produktif di negeri ini , selepas dari sekolah kadang tak punya skill yang memadai untuk masuk ke bursa kerja , dan bukan dididik untuk jadi intrepenur tapi jadi orang suruhan bekerja di kantor atau perusahaan , bukan dididik untuk jadi tenaga siap pakai , kreatif bisa menjadi pengusaha menciptakan lapangan pekerjaan dengan ide2 kreatif

10 . Masalah kepemimpinan : Tak ada yang kompeten dalam menyelesaikan masalah bangsa ini , kadang juga dari masyarakat terlalu banyak mengkritik tanpa pernah mau bekerjasama seluruh komponen bangsa untuk bisa maju dan mandiri .

ehmmm , solusi sebenarnya sangat mudah dan gampang , kalo tidak terlalu banyak kepentingan , tidak terlalu banyak intervensi , kalo mau bersatu , bersama2 seluruh komponen bangsa

bagi yang pintar silahkan tularkan kepintaran , bagi yang kaya silahkan membantu yang miskin

masa sich 100 juta orang Indonesia tidak bisa membantu 44 jiwa yang miskin , bukan dengan dikasih uang tunai , tapi berikan mereka skill dan ketrampilan.

memang gampang ya kalo cuma ngomong dan mengkritik doang , paling enak sedikit bicara banyak aksi , memberi dengan tangan kanan tangan kiri ngga tau apa2.

ngga yakin juga apakah kalo saya juga jadi presiden bisa melaksanakan hal tersebut ? simple but is not easy . kalo saya mau terus bawahan saya yang ngga jujur khan sia2 juga

tapi seperti kata Pak Rosihan Anwar wartawan senior yang sudah tua berkata : ” meski dengan kebrengsekan yang terjadi di negeri ini , meski dengan cap2 jelek yang menerpa negeri ini , yang katanya negara terkorup di dunia , negara paling anarkis , negara yang lemah dan tak berdaya kala soros menggoyang dan krisis ekonomi yang katanya ngga selesai2 , meski negeri ini amburadul , saya tetap cinta negeri ini , dan saya yakin negeri ini pasti bisa bangkit untuk maju dan beradab di antara bangsa2 di dunia . Intinya harapan dan perubahan itu akan selalu ada , meski kadang hanya sedikit dan secercah

Jadi gimana dengan para blogger semua , apakah masih punya harapan dan keyakinan itu , bahwa bangsa kita pasti bisa menjadi garuda asia ?

Kalo bertanya dengan saya , saya akan bilang

” saya optimis , Indonesia bisa berubah , Indonesia bisa maju , dengan bersatunya kita bersama2 membangunnya , harapan itu akan selalu ada ”

pengennya tulisan pak Awan , Indonesia ( akan ) terkaya di dunia menjadi kenyataan . amin pak Awan sudiawan

HARAPAN ITU AKAN SELALU ADA

mari optimis bukan pesimis

Indonesia pasti bisa


Actions

Information

13 responses

10 06 2008
Farid Yuniar

saya optimistis INDONESIA tercinta masih bisa bangkit… Mari…..

10 06 2008
juliach

Sebetulnya, masalah di Indonesia yaitu aji mumpung, korupsi membutakan mata/hati. Kalo ini dibenahi 100% maka indonesia akan makmur.

11 06 2008
hanggadamai

pernah denger cerita ttg 4 lilin??
Lilin damai, iman, cinta dan harapan..
pernah??

11 06 2008
daniel

ya bagaimana mau maju negara kita ini, bayangkan saja bukannya memajukan negeri ini malahan yang dilakukan sesama saudara saling hajar, saling tikam, saling hujat, saling tuduh, saling bunuh.
jiwa nasionalisme, kebangsaan dan kemanusiaan rakyat kita sudah luntur…

11 06 2008
Ria

mmm…Indonesia mas…dengan sekelumit masalah semoga bisa keluar dari masalah2 tersebut….AMIN….

11 06 2008
natazya

heuheuheuheu yeap yeap

yang berhenti berharap biarlah sheila on 7 saja😀

11 06 2008
ubadbmarko

kenapa mbak natazya hari ini banyak nyeukeukeuk ?

Bukan Garuda Asia, paling Badak Asia, pejabat kita kan pada bermuka Badak, jadi : SELAMET KAN BADAK ASIA.

11 06 2008
zakiyah umami

keoptimasan harus ada dalam diri kita, terlepas akhirnya harus meleset dari apa yang diperkirakan. Tidak perlu menyalahkan siapa2, sebenarnya kita memiliki pemikir2 yang handal untuk membangun negeri ini, tapi sayangnya mereka hanya bisa berfikir dan berkomentar saja tanpa adanya tindakan yang nyata. Saatnya kita bbukan hanya menjadi Tong Kosong nyaring bunyinya saja.

11 06 2008
ulan

sama dengan njenengan mas, saya juga optimis indonesia bisa berubah kalo kita bersatu, cuma kita bersatu nya itu yang saya pesimis..

11 06 2008
trijokobs

Indonesia tanah airku..
tanah tumpah darahku..
disanalah aku berdiri,
jadi pandu ibuku..

***

11 06 2008
Rita

Harus, Harapan harus ada dan Selalu ada!!….

11 06 2008
kucingkeren

optimis lebih baik? mulailah dari diri sendiri.. ya kan??

11 06 2008
awan sundiawan

Sampai kapanpun harapan itu akan tetap ada, baik harapan yang baik atau harapan yang kurang baik.😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s