ayo … Indonesia ku , Indonesia kita semua

5 05 2008

perhatikanlah … di dekat rumah itu , di antara hutan rimba , ada bendera merah putih yang sudah pudar warnanya , dan sudah tak berkibar lagi.

Alhamdulillah , semangat sudah balik lagi dalam hati dan dalam diri. Menjelang perebutan piala thomas dan uber cup , juga menjelang hari kebangkitan nasional , tanggal 20 mei nanti , katanya sich 1 abad kebangkitan Indonesia. Saya lagi mencoba berbagi semangat , berbagi kebanggaan , dan sedikit rasa , kita adalah orang Indonesia , tanpa pilih bulu.

saya lalu melihat ini

sehari , sebelum saya kembali dari tapak tuan , saya melihat prasasti di atas.

Sungguh naluri kebangsaan saya terusik, apa yang sudah saya lakukan buat bangsa tercinta , selama 27 tahun saya menghirup segarnya udara bumi ini , nikmatnya kekayaan alam yang melimpah ruah . apa ya ? Prestasi membanggakan di bidang olah raga , tidak pernah . Menang di forum international dalam bidang sains , juga tidak pernah . Masuk dalam penghargaan oscar dalam film berbahasa asing , mimpi saja nda mungkin terjadi. Lalu apa ya ?

Ikut demo karena merasa selalu ada yang kurang , mulai dari pendidikan , kesehatan , perumahan serta masalah lain yang katanya dinilai terlalu lamban . Lantas , apa semuanya instant ya ?

Amerika , jepang , malaysia , korea, jerman , singapura , australia , mereka juga butuh waktu bertahun-tahun untuk bangkit , bukan dalam semalam bak sulap di negeri 1001 malam . Semua juga butuh kerjasama dan juga persatuan dari seluruh rakyatnya .

Sedih dan agak sedikit bingung dengan apa yang terjadi belakangan ini , saat harusnya hari pendidikan nasional yang jatuh tanggal 2 mei kemarin , diwarnai dengan demo yang diikuti oleh guru dan mahasiswa , malah katanya ada yang ditangkap , semua katanya guru honorer yang sedang memperjuangkan nasib mereka agar bisa menjadi pns dan mendapat penghasilan yang pantas di tengah kebutuhan yang melambung tinggi .

Lalu , secara pribadi saya bertanya , di manakah gelar pahlawan tanpa tanda jasa itu ?

dimanakah keluruhan dan keikhlasan pengabdian itu ?

masih harus kah tergilas dengan kebutuhan duniawi ?

rasanya pertanyaan itu saya tujukan buat diri saya sendiri.

Harus realitis lah melihat biaya hidup yang semakin tinggi , guru juga manusia khan ? butuh makan , butuh sandang , yang jelas juga punya keluarga yang harus dihidupi , apa mereka juga harus keluar dari jalur ? melakukan perbuatan ngga bener ? lihatlah apa yang terjadi saat ujian nasional kemarin.

Lalu , apa ini salahnya pemerintah yang menurut sebagian , kurang memperhatikan nasib mereka ? apa bener 100 % ?

Lalu , bagaimana dengan kita , yang nota bene adalah warga negara negeri ini , apa memang tak mau ambil pusing juga , karena kebutuhan pokok yang kian meningkat ?

ironis , tragik , dan seperti awan kelabu yang tak mau pergi meski surya itu sudah menanti di tepi pelangi .

Lantas sampai kapan ya ? apa memang hanya akan jadi penonton , sibuk memberi kritik , sibuk mengadakan seminar , sibuk rebutan kursi , sibuk mempertahankan kesenioran , sibuk dengan hal2 yang ngga penting ?

Bagaimana , kalo kita yang bergerak . kita yang lebih perduli dengan guru , minimal yang ada di lingkungan sekitar kita ?

Atau untuk meringankan , kita juga ikut bantu menjadi guru . Toch aplikasi ilmu juga bukan hanya eksak yang ada di sekolah , ilmu lain juga boleh khan ?

Menggelitik , melihat nasib rakyat negeri ini , yang nota bene saya adalah salah satu penduduknya . Kaum muda , ada sebagian yang ke warnet sibuk dengan game , atau surving situs , barangkali saya juga termasuk di dalamnya , mungkin juga karena generasi sekarang kata paman saya , adalah generasi yang terlalu keenakan dengan fasilitas yang ada , akhirnya malah terlena dan terbuai .

Ingat … teknologi yang ada pada kita , kadang 2 di luar negeri sudah tidak dipergunakan 50 atau 40 tahun, ibaratnya di luar sana orang sudah pergi ke bulan , kita masih terpesona akan bumi ini .

Ah… bukan bermaksud menggurui , tapi memberi nasihat pada diri saya sendiri untuk mulai membuat aksi nyata , nah berkaitan dengan postingan kemarin inilah yang akan saya lakukan

menyatukan para blogger dan komunitas nya di kota Medan , untuk mulai merekatkan tali silaturahmi dulu , saling mengenal , dan Insya Allah membuat kegiatan positif. Seperti kang harry , yang sudah melakukan hal serupa lebih dulu di bandung , sebagai bentuk kepedulian . biar saja ada yang mengkritik , para blogger tukang tipu , kita perlihatkan saja aksi nyata kita , ngga perlu diekpos , tapi paling tidak melihat bisa menularkan hal positif bagi lingkungan sekitar saja sudah Alhamdulillah .

Atau bagaimana jika kurikulum belajar,  30 % teori , 70 % praktek , supaya bisa menyiapkan tenaga yang siap pakai dan bersaing . ada yang setuju dengan ide ini ngga ya ?

Saya sedang merancang tanggal pertemuan yang pas , untuk acara perdananya , makanya saya di postingan ini meminta kesediaan para blogger dari Medan dan juga blogger yang punya teman blogger di medan , untuk bisa menyebarkan informasi ini

silahkan meninggalkan komen , alamat blogger , dan alamat email di postingan ini , juga bisa lewat email saya .

Dan kalo boleh saya minta kirim kan kontak yang bisa saya hubungi ke alamat email saya di : dyandrawicaksono@yahoo.co.id

Perubahan , tidak harus dilakukan dalam skala besar , pengabdian tidak harus diukur dengan nilai materi dan penghargaan yang didapat , sumbangsih dan rasa cinta tanah air bisa dituangkan dalam bentuk apa saja. Mengisi 100 tahun kebangkitan bangsa ini , bisa dengan sedikit kebisaan yang kita bisa lakukan.

dan dukunglah tim bulutangkis merah putih yang akan berlaga dalam ajang piala thomas dan uber cup pada 11 – 18 mei 2008 mendatang , minimal berikanlah dalam bentuk dukungan doa.

dan beri kepercayaan , mereka telah melakukan yang terbaik , meski hasil terburuk nanti adalah kekalahan , tak perlu mencari siapa yang salah , lebih baik intropeksi dan berlatih lebih giat lagi . Ibaratnya kita harus belajar lebih dewasa lagi , belajar kreatif , mandiri , intrepenuer , aktif , bukan menjadi bangsa yang konsumtif , manja , tidak kreatif , hanya menonton dan terlena.

mari lakukan sesuatu untuk Indonesia ku

jangan lupa ya para blogger yang berdomisili di Medan , saya mengharapkan partisipasinya , apresiasinya dan kerja samanya

terima kasih

saya menunggu datanya

ayo … bangkit bersama

demi Indonesia yang lebih maju , smart dan bermartabat dan tetap selalu bersyukur dengan nikmat Tuhan

ayo … Indonesia ku , Indonesia kita semua


Actions

Information

48 responses

5 05 2008
Zulmasri

wah ini postingan dg perenungan yg berat bung said. satu hal, berbuat dan berpikir positif lebih baik ditumbuhkan dlm diri ketimbang memaksakan kehendak lewat demo, apalagi sampai merusak. membaca tulisan ini saya ingat tulisan andrea hirata ‘laskar pelangi’ yg mengharu biru.

5 05 2008
langitjiwa

maju terus,bang.

5 05 2008
Okta Sihotang

ayo…majuuuuuuuuuuuuu (teriak sambil berlari membawa bambu runcing)😉

5 05 2008
langitjiwa

hihi udh dua anak,bang.hahahaha sory kalau gak nyambung komennya. maaf yah.hehehe….

5 05 2008
Rita NI

haduhhhh…… aqu bisa nangkep gelora kebangsaan yg mas kobarkan……. hidup indonesia! hidup rakyat indonesia!(ngepal up)……
kurikulum blajar 30 % teori , 70 % praktek , supaya bisa menyiapkan tenaga yang siap pakai dan bersaing ……. crita dari teman sya yg pulang dari canada
disana, anak smu udah harus magang di kantor2….. jdi yg terpenting adalah mnggali skill dgn langsung memraktekkannya…. disana gak ada anak mudah yang nganggur…….. bahkan mereka bisa membiayai kuliah sendiri dari hasil bekerja tentu status sebagai pelajar, yg kita taw biaya sekolah diluar negeri amatlah mahal(info dari sahabat saya Catreen, New Zealand)
jadi mereka benar2 dituntut mandiri dan ahli dibidangnya masing2……
haduuhhh mas nyambung ga’se….. thax ya udah nyamperin blogqu….

5 05 2008
lovesomatic

right or wrong is my country *sambil dengerin kebyar-kebyar nya gombloh:mrgreen: *

5 05 2008
agungfirmansyah

Benar Mas,
Memang rasa bangga terhadap bangsa ini harus ditumbuhkan.

Pendidikan adalah salah satu saranyanya.
Tiap generasi harus punya wawasan nasional yang baik,
paham geografi negara ini sehingga bila ditanya sampai mana batas wilayah negaranya, kita bisa jawab.

Negri ini begitu kaya, begitu kuat sebenarnya.
Merdeka!! …..😀

5 05 2008
peyek

bener, kadang hanya melihat sesuatu yang berbau Indonesia didaerah yang jarang dijamah orang sudah membuat kita bangga akan negeri ini, tapi kalo mepihat para pemimpin kita itu…aduh.. apa mestinya mereke kita suruh dulu kakinya menjamah daerah yang tak tersentuh

5 05 2008
suhadinet

Aku paling suka kata-katamu yang ini:
“Perubahan , tidak harus dilakukan dalam skala besar , pengabdian tidak harus diukur dengan nilai materi dan penghargaan yang didapat , sumbangsih dan rasa cinta tanah air bisa dituangkan dalam bentuk apa saja. Mengisi 100 tahun kebangkitan bangsa ini , bisa dengan sedikit kebisaan yang kita bisa lakukan.”

5 05 2008
julfan

Assalamualaikum bung Said.
Saya sering merenung dan membandingkan anak-anak sekarang dengan anak-anak jaman dulu (jadul). Apa yang saya dapatkan? ternyata benar apa yang bung Said katakan:
“Menggelitik , melihat nasib rakyat negeri ini , yang nota bene saya adalah salah satu penduduknya . Kaum muda , ada sebagian yang ke warnet sibuk dengan game , atau surving situs , barangkali saya juga termasuk di dalamnya , mungkin juga karena generasi sekarang kata paman saya , adalah generasi yang terlalu keenakan dengan fasilitas yang ada , akhirnya malah terlena dan terbuai ”
generasi sekarang ini sebenarnya masih rapuh.

5 05 2008
julfan

hampir kelupaan, kapan silaturrahimnya?
beri info ya?

5 05 2008
Rafki RS

Sangat menggugah semangat kebangsaan yang sepertinya sudah mulai luntur.😎

5 05 2008
djunaedird

Right or wrong is my country😛

5 05 2008
hafidzi

naaah ni dia yang ditunggu para pemuda kita……

keren uey*,*

5 05 2008
aRuL

wah tempatnya itu pedalaman banget yakz..
semoga ada yg jagain

5 05 2008
Amel xiao jie

Smg kita bs memberikan aksi nyata tuk berperan aktif ya Mas.. Ttp semangat!;), trima kasih telah berbagi semangat ini.. ^^

5 05 2008
hanggadamai

wah salut buat bang said🙂

5 05 2008
wennyaulia

ayo bulu tangkis Endonesa!!
kami mendukungmu…😆

5 05 2008
kang4roo


++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

KALO MAU BIKIN BLOG, JANGAN LUPA MASUK SITUS “Leoxa.com”
(Themenya Keren Abiss & Bisa Pake Adsense)

++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

5 05 2008
awan

Pemendangan sungai (kali atau parit ya?) dengan bebatuan indah sekali dan masih alami ya….. sejuk rasanya jika beristirahat di sana…

6 05 2008
syahrizal pulungan

Luar biasa….sekali lagi luar biasa….
Tulisan Said sangat baik dan mudah mudahan hadir dari hatinurani yang paling dalam….saya sangat tertarik dengan rencana Said untuk mempertemukan blogger medan hendaknya + sekitar ,contohnya saya dari Asahan Kisaran.
Karena bung Said sebagai pencetus saya usulkan buat halaman baru dengan judul blog Medan dan disana nantinya berikan kata pembuka awal agar blogger medan tau magsud dan tujuan.Dan hal ini nanti kita jadikan virus kesetiap blog medan ataupun blog yang berpartisipasi agar merebak…artinya setiap blogger membuat halaman yang serupa untuk menjaring blog Medan dan sekalian buatkan banner untuk hal ini biar ditempel di blog… secara perlahan tapi pasti itu yang kita harapkan

sekedar usul saja….

6 05 2008
gajahkurus

Bangga jadi Bangsa Indonesia apapun kondisinya karena “Indonesia tanah air beta…pusaka abadi nan jaya… dst”

6 05 2008
kabarihari

Memang Indonesia butuh orang-orang yang peduli…

saya ikut dukung!!

6 05 2008
Chic

dalem…:mrgreen: yang penting semua harus maju bersama untuk kepentingan bersama, bukan memanfaatkan kesusahan rakyat untuk kepentingan golongan dengan iming-iming janji palsu…🙂

mari kita bangun negara bersama….

6 05 2008
achoey sang khilaf

Bangkitlah Negeriku
Harapan itu Masih Ada

6 05 2008
cK

aih, postingannya mengena. saat ini kita memang terlalu dimanjakan dengan kecanggihan teknologi, sehingga tidak memikirkan efek yang kita dapat dari kecanggihan tersebut.

suatu introspeksi untuk negeri sendiri…

6 05 2008
Yari NK

Yaaa….. mulai saatnya kita merapatkan barisan dan menunjukkan kepada dunia bahwa kita adalah bangsa yang patut diperhitungkan yang bisa menghasilkan produk2 berkualitas wahid dan bukan bangsa pecundang yang hanya bisa menghasilkan sampah!:mrgreen:

6 05 2008
indra1082

Mulai dari diri pribadi, orang terdekat, lingkungan sekitar, dan semuanya..
HIDUP INDONESIA!!!

6 05 2008
kamal87

mantabz bner

6 05 2008
trijokobs

mendukung kawan-kawans di medan.
hidup Indonesia.. !!!

6 05 2008
carra

maju terus Indonesia… biar tertatih2 toh kita hidup di sini…😀

6 05 2008
BLOGIE

Kalo Indonesia mau, PASTI BISA bangkit!!!

Kobarkan semangat 45…!
😀

6 05 2008
indra kh

Suerrrrrbbuuuuu…oh salah bukan perang, ya😀 Maju terus !!! Semoga tim bulutangkis kita bisa sukses meraih kembali piala Thomas dan Uber

6 05 2008
lainsiji

postingannya bagus, tapi kenapa dicampur dengan tujuan lain … niat silaturahim itu
maap.. tapi agak keganggu aja bacanya

kita memang harus berbenah, dimulai dari diri sendiri, dan kemudian menularkan kebiasaan positif itu kepada yang lain

jadi.. Ayo Berjuang!!

6 05 2008
Edi Psw

Setuju!
Ini bukan lantaran saya seorang guru lho. Sungguh, kesejahteraan guru masih jauh dari yang diharapkan.

6 05 2008
Hasan Seru

rasa nasionalisme pasti ada di hati aku🙂 insyaAllah… aku bangga kepada Indonesia

6 05 2008
diorockout

Semangat sampeyan bener2 tinggi bung..
saya doain ntar lancar acaranya..

6 05 2008
natazya

huah!!! HEBADH!

salut!!!

*sebagai orang yang masih egois dan ga pernah sedikitpun memikirkan apa yang bisa diberikan pada negara merasa sedikit tertampar :p

6 05 2008
SEPRIADI

Semangat….
salam kenal

senang berkenalan dengan orang seperti anda di tengah semakin berkurang nya rasa nasionalisme dan peduli di antara kita. (termasuk wa sendiri hehehe)
saya senang anda punya cita2 seperti itu, jiwa dan semangat muda seperti itu sangat di butuhkan oleh bangsa yang besar ini.

kalo boleh saya tahu, saya boleh ikut gabung ga..?
bukan tuk anak medan aja kan..?

salam
hasta la victoria siempre

6 05 2008
winsolu

boleh juga…
salam kenal…:D
tukeran link dong?

6 05 2008
alex

Halahh..
Anak Aceh Selatan rupanya?? Njrit! Tetangga kita ini😆

Saya di Blangpidie lho. Kalo ntar mau ke Banda Aceh via Meulaboh, tanya saja sama orang Blangpidie Alex yang cakep, pintar, baik hati dan rajin menabung. Insya Allah … jalan ente akan diblokir😆

Jadi ini nge-blognya dari Tapak Tuan ceritanya?😯

Gimana kabar itu kota Naga. Kangen saya. Masih tertahan di Banda Aceh ini.

*komen yang amat-sangat OOT*

7 05 2008
BanNyu

I Love Indonesia !

7 05 2008
pink

nice postingan. bacanya bikin jadi semangat.

7 05 2008
hmcahyo

indonesia tanah airku…🙂
tetap semangat🙂

salam dari malang🙂

http://hmc.web.id (blajar bhs inggris lewat nasyid)

7 05 2008
insansains

^_^ Sebuah tulisan yang cukup menyulut adrenalin bagi para “penderma” bagi negeriku ini. Tak perlu muluk-muluk sih, asalkan mulai dari diri kita tidak menjadi beban bagi orang lain, mungkin itu sudah cukup. Jika bisa, ya sumbangkan kemampuan yang telah dikaruniakan Tuhan kepada kita untuk kejayaan negeri.

7 05 2008
Rindu

Saya ingin menjadi guru … agar dapat mengajarkan arti patriotisme, dan kebangsaan … ah saya ingin🙂

8 05 2008
perempuan

sangat jeli memandang kehidupan , bahkan kain pudar saja bisa mengoyak semangat untuk memcintai bangsa ini … salut broo😉 MERDEKAA

8 05 2008
yellashakti

maju terussss
pantang mundur,,
orang2 jaman dulu aja bisa berjuang merebut kemerdekaan
kenapa kita gak?
sekarang kita merebut kemerdekaan tuk Indonesia bersatu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s