toleransi , pernak-pernik kota TAPAKTUAN

23 04 2008

Ngga tau juga kenapa dinamai Tapak Tuan , kalo secara harfiah artinya jejak kaki sang Tuan. Konon katanya jaman dahulu kala , ada seorang putri raja yang ditaksir sama naga . nach rakyat di sini meminta pertolongan seorang yang sakti bernama Tuan untuk mengalahkan naga tersebut. Singkat cerita sang naga kalah dan membentuk jalanan yang berkelok-kelok bagai naga , dan sang Tuan meninggalkan jejak tapak kaki dikarenakan dasyatnya pertempuran . Kira-kira begitulah ceritanya , legenda ini sempat diabadikan dalam bentuk prangko seri cerita rakyat yang dikeluarkan tahun 2002, saya juga mohon maaf apabila ceritanya ada yang tidak sama , khan dari cerita yang saya dengar, sekarang lagi berusaha untuk mendapatkan cerita yang asli di perpustakaan daerah , doakan saya ya , semoga dapat. Dan jejak itu sampai sekarang masih ada , nah ini juga doakan saya ya , karena menuju ke tempat itu sangat rawan , apalagi paska tsunami kemaren , tapi akan saya usahakan terus , Insya Allah saya bisa mendokumentasikannya nanti

Jadi oleh sebab itu , tak jarang banyak yang menyebut Tapak Tuan sebagai kota Naga

inilah sebagian potret kecil kota Tapak Tuan atau kota naga pada masa sekarang

Ini adalah kantor bupati Aceh Selatan , karena pemberlakuan syariat Islam , perhatikan di bawahnya ada tulisan arab gundul , yang kalo dibaca berbunyi

” kantor bupati Aceh Selatan ”

Mohon maaf kalo yang ini saya , soale narcis nich , katanya sebagai bukti autentik kalo saya emang lagi ada di depan kantor bupati ( maaf banget ya )

jalan lagi , di depannya saya menemukan ini

Ya, penerapan syariat Islam yang didukung penuh oleh masyarakat dan aparat penegak hukum. Jadinya Indah sekali , melihat semuanya sopan dan dalam pakaian yang memang mencerminkan ketimuran , saya mohon maaf buat dewi persik , julia perez , dan artis lain yang masih memakai busana mini , saya bukanlah orang yang berhak untuk melarang , karena itu adalah hak asazi masing2 , tapi alangkah indahnya bila anda berpakaian yang pantas , dengan suara yang Allah lebihkan dan anugrahkan kepada anda , apabila dilewatkan pada jalan yang Diridoi , Insya Allah akan dicintai oleh semua orang , baik laki-laki maupun perempuan . ( waduh ini pasti gara2 nonton infotainment silet kemaren , jadinya kebawa-bawa dech , maaf ya bukan mau menghakimi , sekedar menghimbau , dan ini ditujukan buat diri saya pribadi dulu )

oleh karenanya makanya ada gedung ini

 

Wah , maaf ada foto saya lagi, maaf persediaannya terbatas.

jadi inilah bentuk nyata penegakan hukum syariat Islam di Aceh.

Saya yakin semua ajaran agama di dunia mengajarkan adanya toleransi dan kerukunan umat beragama

seperti itulah yang ditunjukkan di Aceh , ketika saya menemukan ini

pemakaman etnis tionghoa yang nota bene bukan beragama Islam , makam ini sendiri terletak di tepi jalan raya

coba lihat yang ini

Inilah sesungguhnya keindahan Islam yang diajarkan dan dibawa oleh Nabi Muhammad SAW . Mari kita laksanakan , mari kita teladani . Buat saudara kita yang masih ada di halaman , mari ajak duduk bersama dalam kedamaian dan menghargai perbedaan keyakinan , bukan malah dimusuhi dan dijauhi

nyokkk merenung bersama

mari tegakkan

toleransi, kebersamaan , persatuan dan perdamaian

dan di atas hanyalah sekelumit pernak-pernik kota TAPAKTUAN

yang sempat saya abadikan

toleransi , pernak-pernik kota TAPAKTUAN

 

 


Actions

Information

45 responses

23 04 2008
edy

jadi pengen ksana lagi…😕

ayo … kapan pak ?
saya siap membantu
terima kasih sudah silaturahmi di sini lagi
sering3 ya , jangan bosan3 ya

25 04 2008
hanggadamai

perbedaan itu indah🙂

bener , setuju banget mas
makasih ya sudah silaturahmi di sini lagi
sering3 ya , jangan bosan3 ya

27 04 2008
Nanta

Hidup perdamaian..
Salam kenal Mas..

betul banget mas
hidup perdamaian
terima kasih sudah silaturahmi di sini
sering3 ya , jangan bosan2 ya
salam kenal juga

10 05 2008
raisa

lihat ke tempatku.

10 05 2008
Agam_Tapapaktuan

Thanks mas atas posting yang positif ini
Indahnya kebersamaan dan kedamaian
Membuat kita dapat membedakan pahitnya sbuah konflik.

Kapan lagi ke Tapaktuan?

28 08 2008
Ariadi

salam kenal bang…saya adi ketua himpunan mahasiswa dan pelajar Aceh Sumatra Barat(HIMPAC).
saya Asli Tapaktuan,kalo ada bisa ngak masukin gambar lubuak!
foto warung disamping PLN tu juga ya…kagen juga ma tempat tongkrongan kalo lg di Tapaktuan…

10 09 2008
nisa

hy pak
salam kenal ja……
saya orang tapak tuan juga lho?
bapak tggl d mana?
saya naq apotik insan farma
he…3x
salam kenal pak?

12 09 2008
Eva

Salam kenal pak, foto dan ceritanya bikin saya rindu plg ke Tapak tuan, dulu alm.bpk saya beli tanah di depan kuburan cina itu, skrg dah dijual.. tlg foto juga dong keadaan jalan merdeka ( kpng pasar) dulu saya tinggal di salah satu ruko disana…

13 09 2008
Iskandar

hi bang,
bisa gak klo ntar maen lagi
ke Tapaktuan tolond fotoin kolam ya.
al’a q kngn banget ma Tapaktuan Alias Taluak.

13 09 2008
Iskandar

hi bang,
bisa gak klo ntar maen lagi
ke Tapaktuan tolong fotoin kolam ya.
al’a q kngn banget ma Tapaktuan Alias Taluak.

15 09 2008
ardiani

hi….

kata orang tapak tuan emng keren bgt…

masi tinggal d tapak tuan kah??

kenal albar?

10 10 2008
jitu indra timur

Tapak Tuan itu nama kota dalam bahasa indonesia kalau dalam bahasa aslinya Taluk(Teluk) di ambil dari nama Tuanku di Teluk. yang tapak nya ada di pantai guo kalam (gua gelap) terdapat Tapak, tongkat dan kopiah (topi) yang udah membatu di tepi Pantai dalam ukuran Besar. Banyak misteri yang mestinya anda saksikan khususnya di Aceh.

1 11 2008
REYNOL

Lam kenal ,
Orang luar aceh aja takjub dengan Tapaktuan, saya juga anak taluax asli, tinggal di Kp. Tepi air persih sebelah kali ciliwung eh salah , kuala serulah
dulu masih kecil2 saya sering mandi di situ, lompat dari atas jembatan wahh.. asyik banget …, trus main bola di pinggir pantai , tapi sekarang sepertinya gak bisa lagi tuh karna udah di timbun .

5 01 2009
T. Budi

assalammualaikum…

saya aslinya orang padang, tapi dahulu waktu masih berlakunya DOM (Daerah Operasi Militer), kami sekeluarga pindah dari kota Padang tahun 1990. kami tinggal di tapak tuan selama kurang lebih 5 tahun, sampai tahun 1995 awal.
orang tua saya dulu bekerja di Kantor Perbendaharaan dan Kas Negara. kami dulu tinggal di komplek KPKN lhok bengkuang.
saya sendirimenamatkan Sekolah Dasar di SDN 03 Lhok Bengkuang, dan sempat mengenyam Sekolah Menengah Pertama sampai kelas I, di SMPN 01 Tapak Tuan.
saya merasa menjai bagian dari orang asli tapak tuan, karena saya besar, tumbuh dan berkembang di sana. saya sangat menyukai kehidupan disana, karena pada dasarnya penduduk pribumi juga merupakan orang2 perantauan dari daerah minang.
saya sangat betah disana, tetapi apa mau dikata, seiring dengan kepindahan orang tua saya ke palembang pada tahun 1995, maka sayapun dengan rasa yang sangat sedih meninggalkan kota “kelahiran” saya ini.
begitu banyak kenangan yang tertinggal disana, teman-teman, saudara, tetangga, kota nan indah dan asri, yang sangat wellcome dengan dunia luar (kecuali GAM waktu itu).
ada dalam keinginan dalam sanubari saya yang paling dalam, suatu saat, kelak, saya akan kembali ke “tanah kelahiran” saya.
Tapak Tuan, i will back 2 u… (oh, gunung putri….panton luas,batu hitam, air berudang, sama dua, lamprit,tapak tuan,……………..)

18 09 2012
cristiya

wa’alaikumsalam pak T.Budi.
aam kenal,
saya warga asli tapaktuan tinggal di lhok bengkuang tepatnya di dekat kantor KPKN(dari arah medan 3 tau 4 rumah sebelum kantor KPKN),
🙂

17 01 2009
Yan marzuki

Knalkan, sya putra kabas asli, hanya saja skarg tgal d BNA, kul gitu, d TKJ, FMIPA, Unsyiah,
sya jga anak infotekkomjar, saya sngat suka dg artikel yg anda buat ini, skrg sya lg posting lwat hp raya, mudahan byak yg bka blog ini.

1 03 2009
ihfadh

ko ambo ipat….? anak air pinang

1 03 2009
ihfadh

ko ambo ipat orang air pinang, tpi gw skrg di bna. knl ga’ gw. tmn gw kiki, muammar deni dedi,baleheng ,lubeh jaher,

25 03 2009
PUTRI

Assalamualaikum….
salam kenal bg..
saya putri,asal dari aceh utara
wow.. profil tapak tuan keren,..
jd pingin kunjung ke tapak tuan ni,..

25 03 2009
reallylife

@Putri : ayo silahkan jalan2 ke sana, masih banyak tempat yang belum di ekspos

31 12 2014
danton

giliran cewek yg nyapa,lakeh bana ang..ulaaa jo nampak e ang..

26 04 2009
intan mutia

tapak tuan mmg eksotik banget, gk nyesel deh kalau dah kesana, bikin kangen aja ma liputannya, llam kenal tuk kamu. aceh mmang cinta damai dan begitu eksotik. bravo tapaktuan.

27 04 2009
reallylife

@intan mutiara : lam kenal juga. aceh emang penuh warna

26 04 2009
intan mutia

boleh kenalan gk dengan penulisnya, lam kenal aj dari aku. sekali kali main dunk ke langsa, aceh timur . ……..

27 04 2009
reallylife

@intan mutiara : bole aja, kenalan ma saya. kirim email aja ke dyandrawicaksono@yahoo.co.id. saya tunggu ya

5 06 2009
Marwan Pane

Assalamualaikum WW.,

Apa kabar Bro..? Salam kenal dulu.
Mana artikel2 lainnya, up-date dong…
Ditunggu ya

6 06 2009
realylife

@marwan pane : waalaikumsalam,
khabarnya baik, untukartikel bisa juga liat update nya di reallylife.info

15 07 2010
david marvin

wah saya sgt bangga skali dgn cara brpikir dan pola pandang bung said ttg toleransi umat beragama….
klo smua org indonesia sperti bung said,,,,
pasti negara kta bisa maju….
krn smua org akan berpikiran sperti bung said dan saya bahwa “Pluralitas itu indah”

11 11 2010
hardimansyah

smoga tapaktuan menjadi kota yang bebas korupsi,kolusi dan nepotisme.so…………..jadi jaya sepanjang masa.pak….tolong jalan depan mtsn di pelok yo,kalau bisa pakai keramik.key.

28 02 2011
ade surya

tapak tuan kota ku yang sangat indah sekali ,.,.,.
aku kangen dengan keindahan nya,.,.
jadi pengen pulang kampung

28 02 2011
ade surya

bang kirimi lagi lah foto tapak dan naga yang di jambo apa tu

23 03 2011
masrul mastutin

tapak tuan tempat kelahiran ambo yaitu kampung tepi air sudah lamo ambo tidak pulang selama 35 tahun setelah ambo pulang kawan kawan sudah banyak yang di pangil tuhan dan kota nya sudah berubah ambo mengucapkan salam kepada kawan kawan yang masih ingat kepado anbo masrul solo

1 04 2011
eko

gue cinta mati ama tapak tuan walaupun aku bukan orang sana. ada pengalaman sejuta kenangan disana.

1 05 2011
masrul mastutin

baa kabo urang tapak tuan ambo namo masrul mastutin anakl taluk mamak ambo banamo m.rum tinganya di kampung jambu apa banyak kawan kawan ambo alah lupo papado ambo kawan waktu sekolah di smp no1 tapaktuan yang inget ambo yulizar padli nurni kate kamba simi bujung dan lainnyo alah banyak yang lupo kalau ado inget salam pado mereka hidup taluk dari masrul mastutin solo

18 09 2012
cristiya

bapak ditaluak tingga e di mano?

5 05 2011
uwiks

jdi kangen pengen balik ke tapaktuan..
ma temen..
hahahahaha
tek cona la dio

13 06 2011
Martina Aceh

sya tina anak lhokkeutapang…….kok sya gk tau wktu bpak ambil fto kburan cina…..?

5 08 2011
beng

Tapak Tuan…kota kecil yg damai…indah..saya bukan org tapak tuan..tapi saya memiliki banyak sekali kenangan dengan kota ini…rindu ingin kembali lg kesana rasanya…dr mulai air terjun…gua kalam…tapak..bukit lampu…kebetulan foto d depan ktr bupati itu foto kejaksaan negeri klo ga salah…d belakangnya ada ktr PLN..tenang banget….

22 09 2011
mutia

pengen dech ke situ…semoga dech bisa terwujud….

12 12 2011
Lala

Gw pnya pic tapak(jejak) kaki si tuan, dan perbandingannya dg ukuran tubuh manusia… (trnyta gede bgt euy). Tp ga tau gmn cra uploadnya ksni.

2 05 2012
ALIPP

i love taluak city forever……..

10 08 2012
VERI FADIANMAS

amBo nak taluak tinggal di samping TK pembina,belakang bpd terbakar memang indah kota tapaktuan,kota nan asri,upload don`k kk tinggkat 7
batu itam tapaktun,,,,,
GW sekolah di SMP NEGERI 1 TAPAKTUAN,,Bagi siswa/siswi smp 1
tapaktuan kito upload yuk tempat wisata lain nya…………

BRAVO TAPAKTUAN
SALAM DARI: V3R1, LOKAL 8-3 SMP 1 TALUAK

10 08 2012
AHMAT_LUTHFI

BRAVO TAPAKTUAN

10 08 2012
FANDI_AHCMAD_HARRY{ACONG}

PESATUAN SEPAKBOLA TAPAKTUAN KEREN LHO

12 03 2015
Mansur Welding

asslkum

cantik nya tempat tapak tuan…sayang saya lom pernah …th 1989 sudah domisili di jakarta,,, sedangkan saya asli wong pidie ..masyaallah cantiknya, niat sekali ke tapaktuan ….semoga kesampean touring dengan motor trail …salam persahabatan slalu…. jaya aceh qu……….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s