bersilaturahmi dan berkumpul

21 03 2008

selama beberapa hari ini , aku lagi hilir mudik bertemu dengan keluarga besar baik dari pihak ayah dan pihak ibu .

Aku melihat kehidupan nenekku yang sudah tua , sungguh pilu , apabila mereka masih bersusah payah di hari tua . O … sedih nian hati ini . karena selama merantau kemarin tak ada berita sedih yang mereka khabarkan padaku . Ya Tuhan , hamba merasa berdosa, berita di tv tentang kelaparan dan kemiskinan sekarang seolah dibentangkan di depan mataku .

Aku sempat linglung , miris dan menangis . nek , maafkan cucumu ini ya.

Di kota Medan ini ternyata banyak cerita yang bergulir . Masalah keluarga sepertinya tak pernah usai , selalu aja ada konflik di antara kami.

Malu , mungkin ini aib yang tak boleh diceritakan , tapi apa mesti ditutupi kalo jadi pembelajaran.

Aku tak ingin punya hati yang mati , tak punya empati dan keperdulian pada lingkungan sekitar.

Aku sekarang lagi menumpang di rumah kakak, meski dengan kondisi seadanya , dengan anak banyak , ia masih menerima aku , ayah dan ibu . Keluasan hatinya seolah membuat rumah sederhananya menjadi seluas samudra untuk ditinggali. Banyak kehangatan dan kasih sayang yang tertuang di dalamnya. Ah,… sudah lama tak kurasakan ini saat di perantauan kemarin.

kepoakan yang selalu menyapa dengan tingkah lucunya , membuat aku betah dan berjanji lebih memberikan perhatian pada mereka.

Aku ingin mereka berhasil , mereka sukses dalam duniawi dan ukhrowi . Ya Allah kini hamba mengerti kenapa kau berikan cobaan pada waktu itu , agar hamba ikhlas dan lebih perduli pada keluarga sendiri.

Kenyataan pahit tentang keluarga terbentang di depan mata , inilah tempatku sekarang.

meski kadang2 masih rindu pada sahabat yang aku tinggalkan , tapi harus realitis di mana aku tinggal sekarang .

Bunda dan yanda , bersabarlah dengan apa yang terjadi sekarang , mungkin inilah episode perjalanan yang harus kita lalui sekarang .

Sering air mata ini jatuh menetes , melihat banyaknya saudara yang sedang dalam kesulitan , paman , tante , nenek , terima kasih masih mau menerima saya , meski apapun keadaan saya . Aku menghargai itu , persaudaraan yang tak boleh putus hanya karena memandang status sosial yang berbeda. sudah bukan jamannya lagi.

sepupu2 yang juga mengalami kendala yang sama , kita harus punya semangat juang untuk maju . keadaan yang menyedihkan yang kita alami sekarang bukan jadi penghalang.

Mengingat negeri akhir yang akan kita semua hadapi nanti , aku mengunjungi makam kakek dan kakakku .

aku cuma berharap silaturahmi ini tak terputus meski sudah berbeda dunia.

Kak , maaf kan aku yang sudah lama tak menziarahi makam kakak. Aku juga rindu sama kakak , teringat semua yang pernah kita alami di sini kak , di kota ini .

Kini aku kembali kak , Insya Allah akan aku rawat dan mengunjungi kakak selalu . Semoga kakak tidak kesepian lagi ya . Aku yakin kakak sekarang sudah bahagia di sana.

hemmm, silaturahmi yang kutulis kemarin , kini tak lagi hanya tulisan , lagi belajar beraksi dalam kehidupan sehari2 . semoga dengan banyaknya silaturahmi ini , menyambung rasa persaudaraan , rasa perduli , rasa empati , rasa ikhlas , rasa bersama .

Bahagianya hati ini masih diberi nikmat hidup dan nikmat bisa bertemu dengan saudara2 saya lagi , bertemu nenek , paman , tante , sepupu , ponakan. bahagianya tak ternilai dengan uang .

tak kan kubiarkan kejadian di makassar kemarin menimpa keluargaku , hanya karena rasa egois dan tak saling perduli , jangankan sesama saudara tapi sesama tetangga.

ikhlas , bersih hati , saling memaafkan , perduli sekitar , empati yang dalam pada keluarga, tak pernah menilai sesuatu dengan uang , pangkat , harta dan kekayaan .

Sesungguhnya surga itu ada di hati kita yang bersih , ikhlas dan selalu menyambung silaturahmi.

makanya bersyukurlah apabila masih punya keluarga besar yang masih hidup , datangilah , saling intropeksi dan bermaafan apabila ada masalah yang belum selesai,usahakanlah untuk bisa bersilaturahmi dengan mereka.

Insya Allah , rezeki akan barokah , hidup akan tenang , tak ada lagi yang namanya kelaparan , anarkis , korupsi , pornografi dan pornoaksi

raihlah surga dunia , surga akhirat , dan surga hati .

Insya Allah bisa diraih dengan jalan

bersilaturahmi dan berkumpul

erander makasih ya bang sudah menjalin silaturahmi dengan saya semoga tetap terjaga y

Landy , makasihya kopdar nya kemarin , saya merasa sebagai tamu yang beruntung.

mutiatun , Menik , Panda , AdityaWirawan , baliazura , chocovanilla , dorion55 ,chic , djunaedird , Febra , imcw , raffaell , bill , Amalia Solicha , hanggadamai , Abeeayang™ , ridu , Moerz , achoey sang khilaf , uwiuw , theloebizz , Yari NK , brainstrom , hanna , Jessie , loper , bayuhebat

hasanjunaidi.wordpress.com

qalbi.wordpress.com

edratna

Cabe Rawit

Fakhrurrozy , daeng limpo ,

Adi Sucipto , shaffiyah , aghoose , indra1082 , stey , nexlaip , ashardi , syahrizal pulungan , pink , kaudanaku , wennyaulia , Resi Bismo , satya sembiring , aRuL , almascatie , tony , fauzan sigma , durenbangkok , Diah (Istrinya Aldo)

Oemar Bakrie , zakiyah umami , isnuansa , RaiN , maxbreaker ,
Riri Audiya , binchoutan , ashardi , djunaedird , missglasses , bocah , deteksi , olangbiaca , cK , chatoer , eNPe , erween.web.id , denmaswahyu

Gyl , raddtuww tebbu , Ishak , ekoindri , Sadat ar Rayyan , nazli ,

http://theordinarytrainer.wordpress.com/2008/03/03/takbir-di-lapangan-basket/

masdhenk , brahmastagi , BLOGIE , Ram-Ram Muhammad , rumahkayubekas , herr , lubisgrafura , mrsyusuf , Fatma , jagrag , Dee , duniaichigo , ika maya susanti , Chiw , alfaroby , Robert Manurung , aRuL ,

Otakiphan

makasih sudah sering silaturahmi dan memberikan komentar dan ratusan blogger lain yang tak saya cantumkan di sini , bukan karena diskriminasi tapi saya lagi mencoba memperbaiki tampilan di blog ini . saya mengucapkan terima kasih banyak untuk doa dan suportnya selama ini.semua nya adalah teman saya , dan saya yakin di sini lah ajang kita saling

bersilaturahmi dan berkumpul

semoga jalinan silaturahmi ini tak terputus ya


Actions

Information

11 responses

21 03 2008
yati

ma kasih juga dah mampir ke blog saya

sama 2 .
makasih juga sudah silaturahmi di sini
sering3 ya , jangan bosan

21 03 2008
rizkivmaster

Assalamualaikum…
Sudahlah ohm, jangan bersedih lagi. Ada kala kita bersedih, ada kala kita senang. Tetapi dengan bersabar, dada akan selalu lapang menghadapi cobaan, Insyaallah. Semoga silahturahmi di antara kita semua tetap terjalin. Amin.
Btw kopdar2nya bayarin dunk ohm….😛

Waalaikumsalam
terima kasih spiritnya , doakan saya semoga selalu bahagia dan tak bersedih lagi
kopdar traktirin , Insya Allah kalo emang ada rezeki lebihnya
emang kapan mau kopdaran ?
makasih ya sudah silaturahmi lagi di sini
sering3 ya , jangan bosan

21 03 2008
Rozy

Semoga silaturrahmi ini dilandasi tidak lain semata-mata karena Allah dan kecintaan Rasulullah juga kerinduan akan nilai-nilai kebaikan…🙂

Insya Allah , mudah2an demikian .
terima kasih sudah silaturahmi lagi di sini
sering3 ya , jangan bosan

21 03 2008
Landy

He..he..he.. memperbaiki tampilan blog bukan karena gw kan he..he..he.. tapi udah aga bagus kok dah rata tulisannya he..he..he..

Insya Allah kritikannya membangun, semoga menjadi terus manfaat
makasih ya sudah silaturahmi lagi di sini
sering3 ya , jangan bosan

22 03 2008
regsa

keep paseduluran boss

makasih bos
makasih ya sudah silaturahmi lagi di sini
sering3 ya , jangan bosan

25 03 2008
presty larasati

jadi ikut sedih….😦
jadi kangen keluarga di sumatra juga…
*hukz*

yup, siaturahmi pembuka pintu rahmat..
semoga kita bisa tetap menjaga tali silaturahmi ini dengan baik
dan semoga silaturahmi ini membawa keberkahan buat kita
*berdoa dengan tulus*🙂

dimana sumatranya ? siapa tau dekat saya
semoga silaturahmi tetap terjaga ya
makasih juga sudah sudi silaturahmi di sini lagi
sering3 ya , jangan bosan2

25 03 2008
Ansori

perbanyak istighfar….
insyaAllah pintu2 pertolongan akan terbuka lebar

Astaghfirullahalazim
terima kasih sudah mengingatkan pak
terima kasih juga sudah silaturahmi di sini
sering3 ya , jangan bosan2

26 03 2008
neozam

Pertama, terima kasih udah berkunjung ke blog saya. Blog saya diubah menjadi soulmate9.wordpress.com

Untuk Silaturrahim dan berkumpul yang juga dapat mendatangkan rezeki dan mempererat persaudaraan adalah shalat berjamaah. Betul?

iya , barusan mampir lagi
betul banget , semoga kita semua mengerti hikmah yang terkandung ya
makasih ya sudah silaturahmi di sini lagi
sering4 ya , jangan bosan3

30 03 2008
aRuL

sama2 mas🙂 semoga makin erat silaturahmi kita🙂
*koq trekbeknya ngak sampe yah ke blogku❓ *

iya sama sama mas. masalah nda nyampe ke blognya akang , saya juga tidak tahu
tapi yang jelas silaturahmi tetap jalan khan
makasih ya sudah silaturahmi di sini lagi
sering3 ya , jangan bosan3 ya

8 04 2008
Ram-Ram Muhammad

Assalaamu ‘alaikum warahmatullah…
walah… link-nya buanyak banget..:mrgreen:
Saya salut dengan semangat berbaginya sampeyan…
Semoga jalinan silaturahmi kita semakin kuat dan memberikan manfaat. Amin

Waalaikum salam
Sudah lama nich nda mampir ya pak . Alhamdulillah semua berkat doa kita semua , yang penting ikhlaskan hati untuk berbagi dan bersilaturahmi
Amin , semoga doanya dan kita semua selalu dikabulkan
makasih ya pak sudah mampir di sini lagi
sering3 ya pak , jangan bosan3 ya

10 04 2008
rickisaputra

niat dan doa..
sabar.. ikhlas.. dan tetap semangat..
yosh!!!

best regard

makasih mas , bener banget , yang penting niat yang ikhlas dan doa yang tulus
makasih ya sudah silaturahmi di sini lagi
sering3 ya , jangan bosan3 ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s