Medan , perjalananmu sejak dulu kala

18 03 2008

Kujejakkan kaki lagi di kota Medan ini kemarin, dengan menggunakan pesawat Lion Air JT 386 , Pukul 21.30 tanggal 16 Maret 2008 , aku tiba di bandara polonia Medan.

Hmm , tak ada yang berubah dari wajah airportnya , tetap semrawut , maaf tetap tidak teratur dan terurus. Hemm sedih hati ini melihat realita kampung halaman sendiri.

Kususuri lagi jalan-jalan di kota Medan ini , Masya Allah , banyak yang tidak terurus. Semakin memiriskan hati ini.

Kota tempat aku dilahirkan dan sempat mengenyam hingga bangku sd kelas 4 , seperti kota yang tak punya pemimpin.

Kulihat lagi kawasan lapangan merdeka yang telah berubah menjadi merdeka walk di sekelilingnya , Ya Tuhan aku kehilangan lagi tempat bermain bola yang menyenangkan bersih dan jadi kebanggaanku.

8 Tahun sudah kutinggalkan kota ini , telah banyak yang berubah , angka pengangguran yang semakin tinggi , penataan kota yang kacau balau , masyarakat yang belum mengenal sepenuhnya tentang etika dan sopan santun, cara berpikir masyarakatnya yang agak ketinggalan zaman , oh inikah wajah kota medan tercintaku saat ini .

semakin aku pilu , semakin aku miris.

Harta bukanlah segalanya , ilmu adalah segalanya

aku hanya ingin melihat kota Medan ini menjadi kota yang bersih , teratur , beretika , berbudaya , ramah lingkungan

sehingga aku bangga mengatakan , ini medan bung , horas bah.

Aku ingin Medan yang maju , tapi tetap mempertahankan budaya aslinya , tak ada lagi rasa kesukuan dan diskriminasi . tak ada lagi etnis tertentu yang menguasai kota dan perekonomiannya

aku ingin medan berubah menjadi lebih baik

Doakan saya ya , mungkin inilah ladang perjuangan dan amal bakti saya untuk kota tercinta saya , Medan

dimana semua kehangatan keluarga besar saya ada di sini , dimana ada nenek , ayah , ibu , paman , tante , ponakan , sepupu , yang selalu menyayangi saya

Aku ingin selain mesjid raya , istana maimun ,danau toba ,rantau prapat , brastagi , aku masih punya kebanggan lain , sebagai orang Medan , orang sumatera, yang tidak terkenal karena kekasarannya , tapi terkenal dengan akhlak budinya ,tutur halus bahasanya .

Ini medan bung , kota beradab , madinatul iman , dan berbudaya

Semoga Jargon MEDAN BESTARI bukan hanya sebatas jargon tanpa makna apa2

Medan , perjalanmu sejak dulu kala


Actions

Information

23 responses

18 03 2008
rizkivmaster

Jangan berkecil hati dunk, ohm. Medan masih namanya Medan koq.
“Welcome to Medan”, yah. Horas bah !
Btw, dimana tinggalnya ?

di bayangkara pancing no 445 medan
kalo abang tinggal di mana
makasih ya sudah silaturahmi di sini lagi

18 03 2008
AdityaWirawan

Kalau Palembang, Palembang BARI.🙂 salam hangat sesama bangsa Indonesia

salam hangat juga
semoga kita bisa selalu mempererat kehangatan sebagai satu bangsa
terima kasih sudah silaturahmi di sini
sering3 ya , jangan bosan

18 03 2008
baliazura

tapi klo ikan mas yang dimasak aem-asem itu apa namanya ya..?
moga yang itu tetap enak..

wah , maap nich bukan nyombong , tapi emang aku ngga pernah makan n tau masakannya namanya apa . ya semoga aja tetap enak rasanya , nda berubah gitu loh
makasih ya sudah silaturahmi lagi di sini
sering3 jangan bosan ya

19 03 2008
chocovanilla

Aku belum pernah ke Medan, tapi mudah2an suatu saat bisa ke sana juga. Selamat membangun Medan! MEstinya semua putra daerah bangkit semangatnya untuk membangun tanah tercinta seperti dirimu. So kemajuan bisa merata ya, bukan Jakarta doaaang….

(*jadi pengen pulang kampung*)

semoga suatu hari bisa ke Medan ya , terima kasih dukungan dan doanya , semoga bisa saya wujudkan. saya doakan semoga bisa pulang kampung juga kayak saya ya
makasih sudah silaturahmi di sini , sering3 ya , jangan bosan

19 03 2008
tehaha

marsipature hutanabe..!!!
2 pejabat teras medan sedang meringkuk di tahanan..
bandara memang masih semrawut pasca kebakaran itu bang..
anak medan juga nya bang..???
titip meranti lah..
hihihihihi
horas..!!!

horas juga . semua itu emang harus berubah , kalo ngga sekarang , kapan lagi ?
ya dech , Insya Allah akan berusaha di jaga.
emang sekarang lagi tinggal di mana ?
makasih ya sudah mampir di sini
sering3 , jangan bosan
horas juga !!!

19 03 2008
dorion55

Ada yang Abang lupa dengan Medan. Medan khan masih bagian dari Indonesia juga? Ya.. same-samelah (baca: sem-sem) dengan kota lain. Khan “SDM” nya sama. Sama intuinisinya, sama DPRnya, sama semualah…. Nggak jauh larinya cucuran air hujan Bang. Tapi, dari kasat mata Saya.. Medan punya prospek tersendiri. Karena Medan itulah pintu gerbangnya ke dunia luar. Pernah sekali Jakarta menyodorkan sebuah produk ke Saya. Saya check ke ‘negara tetangga’ harga bisa lebih murah. Kenapa? Karena costnya sudah dipotong dari dekatnya jarak dibanding kota lain. Nah..lho..? Tinggal, semoga penerus bangsa ini bisa “lebih sedikit aja” mementingkan Rakyat ketimbang Pribadi. Hehehehe…
Horas…!

iya , terima kasih sudah mengingatkan saya . sama saya juga melihat potensi dan prospek kota Medan , semoga ke depannya memang bisa lebih baik lagi . Khan kita juga sebagai bangsa Indonesia yang bangga.
semakin banyak generasi mudanya yang lebih perduli pada nasib bangsanya terutama kampung halamannya.
makasih ya susah silaturahmi di sini lagi
sering3 ya , jangan bosan
horas juga !!!!

19 03 2008
nne

ih,,gw benciiii banget sama polonia. bukan cuma semrawutnya..
malingnya itu loh. jelas2 itu orang dalem..lah wong koper nyokap gw dibobol padahal pas masuk bagasi masi baik2 aja. kamera tercinta gw juga ilang disono…nyah! benciiiiiiiiiii

maap jadi curhat

ngga apa2 mbak , soalnya saya juga mengalaminya sendiri. tapi mari kita berdoa semoga keadaannya lebih baik lagi dan kita akan bangga menjadi warga kota Medan. Setuju ngga ?
makasih ya sudah datang di blog ini
sering3 ya , jangan bosan

19 03 2008
otakiphan

berarti medan sudah menjadi kota metropolitan… ciri-cirinya sudah disebutkan tho?!

bener banget , karena dia kota no 3 setelah jakarta dan surabaya
makasih ya sudah silaturahmi lagi di sini
sering3 ya , jangan bosan

19 03 2008
chic

yang saya ingat dari Medan saat pertama kali kesana adalah bahwa traffic light tidak berlaku disana, traffic light sepertinya hanya sebagai hiasan lucu yang bisa menyala warna-warni merah kuning dan hijau. ngga ada artinya sama sekali. semua kendaraan bisa jalan dan berhenti sesukanya.🙄

masih kah seperti itu?

masih mbak , kayaknya malah tambah parah dech . ya lagi berdoa dan berusaha agar semua itu berubah . mohon doa dan dukungannya ya mbak
makasih ya sudah silaturahmi di sini lagi
sering3 ya , jangan bosan

19 03 2008
djunaedird

Lion Air? OK lah.
Kalau Adam Air, innalillah…………

iya , sebenarnya kaget juga dengar Adam Air bangkrut, tapi semoga bisa bangkit lagi , jadi tiket nda mahal kayak sekarang
makasih ya sudah silaturahmi lagi di sini
sering3 ya , jangan bosan

19 03 2008
Febra

horas bah..

belum pernah ke medan, jadi ga bs komentar tentang medan, hehehe

semoga bisa ke Medan , jadi bisa kasih komentar
makasih ya sudah silaturahmi lagi di sini
sering3 ya , jangan bosan
horas juga

19 03 2008
peyek

selamat membangun kampung kembali!

terima kasih doanya , semoga saya bisa mewujudkan nya
terima kasih sudah silaturahmi di sini
sering3 ya , jangan bosan

20 03 2008
imcw

Masalah kota besar ya begitu, duit mengalahkan segala galanya.

iya juga sich , tapi lagi berusaha untuk merubahnya , moga2 bisa
makasih ya sudah silaturahmi di sini
sering3 ya , jangan bosan

20 03 2008
Panda

horas bung. ke medan tak bilang-bilang ya? hehe. oyah, lupakanlah. kota Medan tak menjanjikan apa-apa, kecuali semua hal yang udah bung tulis: KACAU.

ya juga , tapi Insya Allah masih ada secercah harapan untuk merubahnya
orang medan juga ya ? sekarang tinggal di mana?
makasih ya sudah silaturahmi di sini
sering3 ya , jangan bosan

20 03 2008
Menik

Hiks, sedih… suami ga pulang di long weekend ini…
segitu mahalnya tiket Balikpapan-Jakarta…😦

emang mahalnya sampai berapa ya mbak ?
semoga harga tiketnya turun ya
makasih ya sudah silaturahmi di sini lagi
sering3 ya , jangan bosan

20 03 2008
Tohir

Please, jangan hina Medan dan kota lainnya. Sama artinya kita menghina diri sendiri. Mari kita berjuang mewujudkan Indonesia yang kita impikan – Mulai dari hal yang terkecil sekalipun akan sangat berguna bagi bangsa ini.

“Action speaks louder than words”

21 03 2008
raffaell

Kata mang tohir ini ada baik nya juga, prinsip saya, kalo cuman meringis doang saya artinya blom melakukan apa apa, tp kalo saya udah meringis plus membuat suatu tindakan…

itu baru lelaki….. *halah*

bener banget , sekarang lagi berusaha bertindak , tapi mungkin meringis dulu kali ya , he he he
Insya Allah tetap jadi lelaki , he hehe
makasih ya sudah silaturahmi di sini lagi
sering3 ya , jangan bosan

21 03 2008
bill

Medan dulu lumayan dipandang sebagai salah satu kota besar di Indonesia, apalagi ada PSMS-nya. Sekarang kayaknya Medan tidak bisa mengikuti kecepatan kota-kota lainnya dalam berbenah.
Go Medan Go….

semoga kejayaan yang dulu bisa dikembalikan . doakan saja ya
terima kasih sudah silaturahmi di sini
sering3 ya , jangan bosan

21 03 2008
Landy

Gimana betah disana🙂

belum tau nich , khan baru beberapa hari , lagi belajar beradaptasi
makasih ya sudah silaturahmi di sini lagi
sering3 ya , jangan bosan

22 03 2008
Harjo

Loh koq Bohorok / Bukit Lawang, gk dimasukin? Padahal tempat yang sangat menarik. Saya kalau ke Medan, pasti akan ke sini lagi.

Maaf saya lupa , tapi bukannya tempat itu udah ngga ada lagi , soalnya khan kemaren kena longsor
makasih ya sudah silaturahmi di sini
sering3 ya , jangan bosan

22 03 2008
Okta Sihotang

Ooppsss…anak medan is right now !!!

Ya begitulah , pulang kampung lagi
makasih ya sudah singgah di blog ini
sering3 ya , jangan bosan

25 03 2008
presty larasati

wah.. medan punya…
jadi inget, beberapa bulan lalu sempet dolan (maen) ke medan.
lumayan bikin encok juga sehari semalam duduk di dalam travel (dari Bengkulu).. itu juga cuma sampe kota salak, sidempuan.. 🙂
pengalaman yang menarik kq..
trus, katanya Medan masih 10 jam lagi dari Sidempuan..
“ALAMAAAKK…”
jauh kali, la…

yah, napedo samapi ke Medan deh..
(…tolu, opat, lima, onam, pitu, lapan…)
xi xi xi
cuma bisa dikiiiiiiit bgt bahasa medan 😉

Alhamdulillah , syukurilah hal yang sedikit , Insya Allah ada manfaat dan barokah
makasih ya sudah silaturahmi di sini lagi
sering3 ya , jangan bosan3

25 03 2008
presty larasati

wah.. medan punya…
jadi inget, beberapa bulan lalu sempet dolan (maen) ke medan.
lumayan bikin encok juga sehari semalam duduk di dalam travel (dari Bengkulu).. itu juga cuma sampe kota salak, sidempuan.. 🙂
pengalaman yang menarik kq..
trus, katanya Medan masih 10 jam lagi dari Sidempuan..
“ALAMAAAKK…”
jauh kali, la…

yah, napedo sampai ke Medan deh..
(…tolu, opat, lima, onam, pitu, lapan…)
xi xi xi
cuma bisa dikiiiiiiit bgt bahasa medan 😉

Alhamdulillah masih bisa sedikit , saya malah lagi adaptasi ulang , banyak yang lupa
makasih ya sudah silaturahmi di sini lagi
sering3 ya , jangan bosan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s