cuma ingin jadi … inspirasi

22 02 2008

tadi malam aku nonton silat lidah , ehm diskusi yang menarik . di tengah gencarnya acara infotaintment yang kalo menurut saya ngga penting di bahas . ternyata masih ada seleb ( sebutan untuk orang yang terkenal kali ya , kira – kira saya termasuk ngga ya ? ) yang peduli dan ngomongin soal pendidikan.

ya emang pendidikan adalah masalah dasar bagi negeri ini .

masalah berurat akar sehingga kayaknya memang perlu mendapat perhatian dari kita semua , terutama mungkin yang mempunyai kelebihan secara material , ilmu atau apapun bentuknya , yang penting kelebihan.

Masalahnya apakah kita memang perduli atau cuma sekedar menyarankan , atau malah menyalahkan pemerintah ?

hem , ingat negeri ini bukan hanya bisa dijalankan oleh seorang yang kita sebut sebagai presiden , tapi oleh seluruh rakyat negeri ini.

menarik komentar Ria Irawan , bunyinya kira – kira seperti ini

ngga usah nanya apa yang sudah diberikan oleh negara , tapi tanya diri sendiri , apa sich yang sudah kita berikan buat negeri ini ”

balik lagi ke masalah pendidikan , sebenarnya bukan terletak pada sekolah gratis , mungkin untuk menarik daya pikat bolehlah.

tapi saya merasa justru pada kurikulumnya yang harus diperbaiki . kalo dalam angan saya dan saya pernah mengalaminya , mungkin harus banyak praktek , dan konsukuensinya memang harus keluar modal banyak untuk mendirikan lab , atau menyediakan alat praktek . but , kayaknya banyak yang enggan , katanya mending bangun mall , atau apartemen yang langsung kelihatan hasilnya . tapi itu khan cuma sesaat , sedang ini investasi sepanjang masa , lagian percuma menurut saya membangun tapi sumber daya manusia nya ngga , akhirnya yang ada hanyalah pengrusakan fasilitas umum yang udah dibangun dengan dana yang ngga sedikit . akhirnya jadi sia – sia belaka khan ?

dan untuk pelajaran agama , mungkin harus ditambah , dan juga jangan hanya mengajarkan tentang syariat saja , tapi lebih di tekankan pada bagaimana kita bersikap pada lingkungan yang beragam , bagaimana cara bersopan santun pada orang yang lebih tua , bagaimana syariat yang syar`i , lebih kepada moral dan akhlatul karimah . Jadi itu adalah fondasi dasar membentuk insan yang beriman , sehingga ngga gampang emosi , ngga gampang tersinggung , dan sadar ngga ada manusia yang sempurna , ngga merasa lebih baik dari orang lain , belajar menghargai diri sendiri dan orang lain.

Insya Allah ini cita- cita dalam hati , ingin memberikan sumbangsih pada negeri ini meski sedikit , memberikan ilmu yang ada pada semua orang . ingin mengabdi pada kegiatan yang menyenangkan hati , semoga ini bukan penunjukan diri yang mengarah pada riya

saya …

cuma ingin jadi … inspirasi

itu saja

harapannya , kita semakin concern pada soal pendidikan , lewat berbagai cara , mungkin dengan tayangan film atau sinetron yang mendidik , ngga cuma hanya menunjukkan kisah percintaan ala cinderella stori .

atau juga anak – anak sd , smp yang sudah mulai mengenal cinta , atau kelewat canggih menggunakan hp harga mahal ( sebenarnya mereka mikir ngga ya , ada berjuta juta teman mereka di negeri ini , yang mau sekolah aja susah , akhirnya jadi anak jalanan , pengamen , pencopet , bahkan jadi prt meski belum saatnya)

saya hanya ingin menggugah nurani kita semua yang merasa masih punya hati , untuk sama – sama membangun negeri ini , meletakkan dasar fondasi sebuah negeri

jangan terlena dengan yang ada , jangan menyerah dengan kondisi yang ada , jangan pernah merasa terlambat melakukan sesuatu , jangan pernah ingin diekspos dalam melakukan sesuatu.

sekali lagi doakan saya untuk mewujudkan suatu cita – cita , supaya tidak jadi riya , ingin di puji atau yang lainnya

karena saya , sekali lagi

saya

cuma ingin jadi … inspirasi


Actions

Information

One response

22 02 2008
wir

Salam sejahtera Said,
Ini kunjungan balik.

Jangan puas hanya jadi inspirasi, tetapi jadilah teladan, contoh nyata yang patut ditiru. Karena kalau hanya inspirasi bagi orangl lain, maka hasil akhirnya bisa jauh menyimpang dari yang anda bayangkan. Anda berharap bahwa A maksudnya, tetapi ternyata yang dilakukan orang lain hasilnya adalah B. Padahal A dan B bisa saja saling bertentangan. Apakah anda senang jika demikian halnya.

Inspirasi adalah awal atau trigger untuk memulai, sedangkan teladan adalah acuan dari suatu akhir tindakan yang diharapkan. Beda banget khan.

setuju banget pak . semoga hasil akhirnya nanti adalah menjadi teladan.
terima kasih atas kunjungan balasannya , semoga memang nanti saya bisa menjadi teladan bukan hanya inspirasi , makasih banyak nasehatnya
sering – sering berkunjung di sini pak , jangan bosan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s