ILMU HATI

21 02 2008

Menarik komentar dari dave , menulis sesuai ilmu yang di miliki .

saya cuma bingung aja , ilmu saya apa ya , kalo di bidang pekerjaan yang dulu sich ada , tapi mungkin pada saat saya siap , baru saya membagikan ilmu tersebut .

Tapi kalo ilmu hati boleh di bagi ngga ya ? trus apa ya ilmu hati itu ?

Kalo katanya ibu saya ,

” nak , apapun yang engkau kerjakan , ilmu apapun yang kau cari , ada 1 ilmu yang menjadi pondasinya , ILMU HATI ”

Lalu saya tanya ilmu hati itu apa bu ?|

jawabnya

” Ilmu hati itu adalah ilmu yang tulus dan ikhlas , ilmu mengendalikan diri , sabar , santun , bersyukur pada yang kuasa . Ibaratnya kau selalu mengasah hati mu dengan ilmu , supaya jalannya ngga bengkok , dan semua kau lakukan sebagai wujud terima kasih pada Allah ”

hemmm , sebenarnya bingung juga dengan perkataan ibu itu , butuh waktu dan proses untuk mengerti segalanya .

kenyataannya , di dunia ini banyak khan professor , doktor , ilmuwan , budayawan , insinyur , presiden , ahli hukum , ahli ekonomi , bahkan ahli agama yang mengerti tentang hukum dan syariat agama secara detail.

Tapi tak jarang kita temukan banyak yang melenceng , banyak yang akhirnya menyombongkan diri dengan menganggap bodoh yang lain , banyak membodohi orang , banyak menipu orang , menyalahkan jabatan dan pangkat yang dipegang.

karena apa ? karena hati kita sudah kosong , ngga punya ilmu untuk menjalankan sesuai koridor yang telah di atur .

Kita ngga pernah ikhlas menuntut ilmu , kita malas membagi ilmu pada yang lain , takut tersaingi dan segala macam hal lainnya .

jadi selain jagalah hati , tuntutlah dan carilah ilmu hati , pelajari dan aplikasikan.

karena semua akan balik lagi pada apa yang menjadi tujuan hidup kita , mau kemana pemberhentian terakhir kita , ilmu hati menuju ke akhirat yang abadi.

Semoga dengan rahmat -NYA kita memang mendapat kan tempat yang layak .

ILMU HATI ….


Actions

Information

19 responses

21 02 2008
Gyl

Hmm… setuju. Ilmu yang harus dipelajari tuch…

kalo begitu mari kita sama – sama belajar ilmu hati . ok ?
makasih ya sudah silaturahmi di blog ini
jangan bosan – bosan mampir ya

21 02 2008
mas susanto

asswrwb -alhamdulillah mas ada pencerahan bagi saya, cara memperoleh ilmu hati itu bgaimana mas ? artinya Bagaimana caranya kita agar menjadi orang yg bisa tulus ichlas, sabar, bersyukur, santun ( baca : tawadhu’ ) –
by proses setuju ! – namun untuk mencapai sifat 2 itu apa yg harus kita upayakan ????? saya ingin memperoleh ilmu hati itu, dan setuju ( baca : sepuluh ) bahwa Insya Allah dengan ilmu hati itu kita akan selamat Dunia Akherat – semoga memperoleh jawaban – salam

waalaikum salam . Alhamdulillah bisa mencerahkan diri saya sendiri dan orang lain . jawabannya saya setuju banget . semoga doa nya dikabulkan ya . Insya Allah kita diberi hidayah untuk bisa memperoleh ilmu hati itu
makasih ya sudah silaturahmi di sini lagi
jangan bosan untuk mampir
wassalam

22 02 2008
mr.t

Kita ngga pernah ikhlas menuntut ilmu , kita malas membagi ilmu pada yang lain , takut tersaingi dan segala macam hal lainnya .

kalau yang ini sih tergantung mas, alhamdulillah untuk hal ini saya tidak merasa takut tersaingi. kalau dibidang pekerjaan sebisa-bisa membantu yg baru. walaupun orang itu akhirnya lebih pintar dari kita, tetep saja tidak akan melunturkan kepercayaan orang lain terhadap kita.. percaya deh. itu yg saya pegang. tiap orang mempunyai kelebihan dan kelemahan dibidang tertentu dan itu sudah di gariskan oleh yang diatas…mohon koreksi kalau saya salah..😉

setuju mas , itulah sifat manusia yang egois , termasuk saya juga barangkali . Tapi khan ngga pernah ada kata terlambat dalam memulai atau menyadari sesuatu . saya setuju banget dengan pendapat mas , kayaknya ngga ada yang perlu saya koreksi . semoga kita bisa mengaplikasikan ilmu hati dan tetap istiqomah menjalankannya . terima kasih sudah silaturahmi lagi di sini , sering – sering silaturahmi ya

22 02 2008
suci hidayati

Ya…. tepat sekali posting anda. Salam kenal dari saya, terima kasih udah mampir diblog rintisan saya. Banyak anggapan bahwa ilmu akademik segalanya meskipun akhlaqnya bobrok, padahal justru ilmu hatilah yang utama agar ilmu akademik manfaat dan barokah.

setuju banget mbak . mari kita galakkan ilmu hati ini
makasih ya sudah silaturahmi di sini
sering – sering silaturahmi ya mbak

22 02 2008
pilihsyamsul

PEGANGAN SYAMSUL ARIFIN SE DALAM MENCALONKAN GUBERNUT SUMATERA UTARA 2008-2013 ADALAH MORALITAS HATI…..

saya hanya berharap memang itu adalah pilihan yang terbaik yang dipilih oleh Rakyat Sumatera Utara . Terima kasih ya sudah silaturahmi di sini
jangan bosan – bosan silaturahmi di sini

22 02 2008
merenung

Assalaamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Apakah itu artinya yang pantas diberi label pintar dan bodoh sesungguhnya bukanlah akal, melainkan hati?

Wah…, sepertinya harus mulai belajar merenung dengan hati?

Wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

waalaikum salam warahmatulahi wabarakatuh

dua – duanya saling mendukung , akal dan hati . Jangan biarkan berjalan sendiri – sendiri.
marilah kita mulai merenung
terima kasih ya sudah sudi silaturahmi di sini , sering – sering silaturahmi ya , jangan bosan
wassalam

22 02 2008
joyo

hati, samakah dengan nurani?

mungkin sama mas , tergantung kita yang menilainya
makasih ya sudah silaturahmi di sini

26 02 2008
L 1 NA

yup! setuju!! pernah denger yang namanya IQ,EQ,ESQ gak??ntu semua kan harus saling mengisi n selaras…

pernah , dan setuju juga ama pendapatnya
makasih ya sudah silaturahmi lagi di sini , sering – sering silaturahmi
jangan bosan ya

20 06 2008
'mblink

saya setuju dan dan sangat setuju dengan ilmu hati, karena apapun kita punya ilmu tapi kalau hati kita nggak karuan ya… jadinya ilmu kita juga nggak karuan. bisa menjaga hati kita itu baik tapi lebih baik bisa menjaga hati orang lain. jadi kita bisa kontrol apakah kalau kita ngomong menyakiti hati orang apa nggak ? apakah kalau kita akan berbuat sesuatu menyakitkan hati orang nggak ya ?
oke maturnuwun….

29 04 2009
Akbar

HEBAT!!

29 04 2009
realylife

@Akbar : terima kasih

12 07 2009
rojul

mungkin di

15 08 2009
hendrik

assalamualaikum, saya kadang pusing dengan masalah hati. crita y bgini saya pnya senior yg udh ngjarin saya setahun. trs saya pun bs dan bisa ngimbangin dia. setiap ada wktu saya sering bntu dia dlm kerja sebisa saya. pada suatu ketika senpai saya mnta tlng ma saya utk memperhatikan satu mesin yg jadi tanggungan y karena ia sibuk saya pun membantuy. trs pd wktu itu saya pegang 2 mesin and 1 pnya senior tp krjaan saya g bgitu sibuk trs saya gunakan ksempatan itu utk blajar bhsa jepang dan cara perbaikin mesin. senior saya g suka karena saya mlakukan hal itu trs ia marah2 kata “enak bgtlu ngbrl2 trs g liat smua org kerja gw pukul lu” sayakan heran mas ko dia marah2 sudah saya bntu lg pla saya kerjakan kerjaan saya dengan baik, ampe skrg dia marah2 saya g ngrti ampe skrg.., tlng bntu cariin solusi y mas……? wassalam

23 10 2009
mujianto

segala sesutu iti pasti ada ilmunya tetapi yang paling penting adalah ilmu tentang jiwa setiap kita mau melakukan sesuatu harus dipertimbangkan dahulu apa manfaatnya dan apa akibatnya dankita harus pandai memilah dan memilih dan pilihan yang tepat adalah dengan hati nurani kita sendiri

14 08 2010
enung

komentar memang dalam kehidupan dunia ini banyak yang perlu dipelajari mengrtikan sebenarnya akan hatinurani semoga kita mampu mengartikan juga menerjemahkan di kehidupan.salamku untuk kawan sejati

29 09 2010
Mr_Pie90

Ilmu hati adalah raja segala ilmu.. Jgn sesekali syirik terhadap Allah..Tutup mulut,Tungkat kan lidah ke langit, sebut Allah dalam hati,kekal sampai mati…Jadi lah hamba yg sentiasa mengingati Allah… Jika ada apa2 pertanya,just email k xxpie90xx@yahoo.com

3 10 2010
budi

hati2 menyebut istiah mas,karena hati n jiwa tu beda.kenali dulu hati qt ok

21 10 2010
Ilmu Hati « sasaksaat

[…] ILMU HATI […]

26 10 2011
banyu putih

super sekali. mari kita selalu berupaya mengukir untuk menjadi lebih baik

Leave a Reply

