menulis untuk apa ya …

20 02 2008

sebenarnya rada sedih juga melihat fenomena banyak blogger yang mati atau berpindah web . jadi bertanya – tanya sebenarnya motivasi dan tujuan menulis nya apa ya ?

menjadi seleb blog ? menjadi terkenal ? punya buku ? banyaknya komentar ?

malah ada yang jenuh dengan menulis akhirnya malah bikin posting terpendek di blog

aneh tapi nyata.

ya saya juga sering mengalaminya

Tapi sempet mikir , kalo begini terus keadaannya , mungkin akan hilang lah tulisan yang saling ingat mengingatkan .

semuanya memang butuh perjuangan , dan hasilnya tak ada yang sempurna

pasti ada kekurangannya , tapi emang mau berhenti dan menyerah…

Kalo saya menulis adalah kepuasan hati yang tak terkatakan , saya juga dulu sempat mikir buat menerbitkan buku , tapi mikir lagi apalah gunanya kalo nantinya hanya akan jadi sampah.

lihatlah para penulis besar yang menghasilkan sedikit tulisan namun abadi sampai sekarang . Siapa yang menapik buku kumpulan puisi ” Aku ” buah tangan chairil Anwar , atau buku – buku karya kalil gibran yang justru laris di saat dia udah ngga ada.

jadi kita menulis adalah sebagai ilmu pengetahuan bagi orang lain , sepenuh hati dan setulus hati , mungkin nanti akan berguna bagi orang lain.

jadi tanyakan kembali lagi pada diri kita

menulis untuk apa ya …

 

Advertisements

Actions

Information

9 responses

20 02 2008
Brahmanto Anindito

Kadang2 menulis rutin di blog pun bisa bosen kalau motivasinya nggak jelas. Tp kalau tahu apa yg dipandang jauh ke depan, asyik2 aja kok. Mari kita menulis sampai tua!

bener banget . Insya Allah selalu diberi motivasi sama yang kuasa sehingga bisa menulis sampai ngga diizinkan menulis lagi
.
mari menulis sampai tua
terima kasih sudah silaturahmi , sering – sering silaturahmi ya

20 02 2008
djunaedird

Menulis menurut saya sebagai curahan hati, kasih info (siapa tahu ada gunanya) dll. Kalau jadi seleb, mestinya bukan di sini. 😛

bener banget . saya setuju tuch mas . kalo jadi seleb khan di tv atau di bioskop ya
makasih ya sudah silaturahmi di sini
sering – sering silaturahmi ya

20 02 2008
progoharbowo

saya sudah mampir nih … ternyata kita punya pandangan sama kok ….
(eh sama nggak ya ? hahaha …yakin banget ya..)
istilah seleb di blog …. itusih kreativitas saja…. dan ini saya dapat dari salah satu anak yang mengomentari tulisan saya terdahulu …..
oke… tetep ngeblog dari hati ya…….

iya mas , visi nya emang sama . moga – moga tetap sama dan istiqomah untuk tetap ngeblog dari hati
makasih atas silaturahminya
sering – sering silaturahmi ya

20 02 2008
year 4 sgj

Salam kenal…
Kami adalah guru-guru kelas 4 di SGJ. Pada awalnya kami ragu untuk menulis atau mempunyai blog. Berkat dorongan rekan kami, akhirnya kami “memberanikan diri” untuk membuat blog pendidikan. Tujuan kami membuat blog tsb hanya untuk berbagi apa yang kami ketahui dan kami terapkan di sekolah kami. Tentunya, apa yang kami tulis jauh dari sempurna dan kami tidak mempunyai talenta menulis. Namun demikian, kami berharap tulisan-tulisan kami sedikit berguna bagi guru-guru di Indonesia dan bisa bersama-sama memajukan pendidikan di Indonesia.

salam kenal juga . ngomong – ngomong SGJ singkatan nya apa ya ? Setiap orang saya rasa punya talenta berbeda dalam gaya kepenulisan , tapi di situ justru daya tariknya , dan jadi ciri nya yang khas . Saya mendukung dan tolong kasih tau saya blognya apa , Insya Allah saya akan bersilaturahmi di sana . Teruslah istiqomah melakukan perbuatan baik , meski sedikit , dan orang banyak yang meragukan . Insya Allah , Allah selalu beserta kita.
Terima kasih sudah mau silaturahmi di sini , sering – sering silaturahmi ya
Jadi teringat sama guru – guru saya mulai dari SD sampai saya kuliah , sumbangsih mereka tidak pernah saya lupakan
Pahlawan tanpa tanda jasa

21 02 2008
Yari NK

Motivasi menulis memang beragam ya….. yang jelas saya pribadi tujuannya bukan menjadi seleb blog. Tapi kalau bisa menjadi seleb blog ya itu juga merupakan bonus dari ‘ketabahan’ kita di blogsfer ini. Kata temen saya, yang juga diamini oleh saya, percuma jadi seleb blog kalau postingannya kebanyakan sampah. Hehehe……

Yang jelas motivasi saya menulis di blogsfer ini adalah campuran antara: Gemar menulis, gemar berbagi ilmu, dan yang paling mendukung adalah karena Internet sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan saya. Namun apapun motivasi kita dalam menulis di blogsfer ini, seyogianya yang patut diperhatikan adalah kualitas tulisannya itu sendiri dan etika dalam tulisan (nah yang terakhir ini yang terkadang sulit dikendalikan apalagi kalau lagi ’emosi’ hehehe….). Tak usah kualitas tulisan kita sebagus para penulis profesional ataupun para ilmuwan top, yang penting adalah kita usahakan tulisan kita semakin baik dari hari ke hari…….

bener banget pak. Jujur saya juga sedang dalam tahap belajar . Belajar sabar untuk bisa menulis baik , tentunya juga dengan usaha untuk terus belajar dan membaca , baik yang tersirat maupun tersurat .
terima kasih nasehat dan motivasinya , semoga membuat saya eling dan berusaha ke depannya menghasilkan karya bermutu bukan sampah
terima kasih juga sudah mau silaturahmi di sini , sering – sering silaturahmi ya pak
tetap ngeblog dan menulis sesuai keinginan hati

22 02 2008
atmo4th

buat apa ya?

yang pasti saya menulis untuk diri saya sendiri dan orang lain. Mau banyak komen atau tidak, ya… saya tetap menulis.

Selain itu, juga sebagai waktu untuk ‘escape’ dari dunia nyata.

Tapi yang paling penting, kita bisa berbagi ilmu yang bermanfaat, mengalir seperti air.

setuju, saya mendukung pendapatnya , yang penting kitanya ngga merubah niat awal dalam menulis .
tetap semangat menulis ya
makasih sudah mau bolak – balik ke blog ini
jangan bosan untuk sering mampir ya

24 02 2008
edratna

Saya sepakat dengan bung Yari, bagaimana agar peran kita menulis dalam blog adalah menyejukkan semua pihak, bisa mencerahkan. Kualitas tulisan nantinya akan berjalan searah, tak perlu lah jadi seleb blog, dan nampang di botd atau apa. Kalau melihat statistik blog, saya hanya ingin melihat seperti apakah segmen pembaca blogku, untuk menyelaraskan gaya penulisan saja.

setuju banget . lagi mulai belajar memahami lagi
terima kasih ya sudah silaturahmi di sini
terima kasih juga sudah mengingatkan saya lagi
sering – sering silaturahmi

29 02 2008
Nin

Saya orangnya mudah lupa… Dengan menulis harapannya semuanya bisa terekam dengan baik. Jadi ketika suatu saat perlu tinggal klik

amin mbak , semoga sama dengan saya tujuannya ya
makasih sudah silaturahmi lagi di sini
sering – sering ya , jangan bosan

14 10 2008
coret2an

menulis itu perlu motivasi, perlu target, perlu goal, perlu inspirasi. Jangan lupa lho, menulis juga kadang membosankan, jenuh, bete, nggak ada inspirasi, mentok, de el el… thanks atas inputannya. salam – coret2an

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s