Cinta sejati … masih ada ngga ya ?

9 02 2008

wah kayaknya tulisan ini agak – agak sedikit mellow , juga bukan karena sebentar lagi banyak yang menasbihkan sebagai hari kasih sayang , karena bagi saya everyday adalah hari kasih sayang .

Aku tadi habis menonton Verzaara , sebuah film India yang romantis ( ini opini pribadi saya ) .

Ehmm , bukan karena saya doyan film India ( tapi bener juga karena saya favorit dengan film India , abis sinematografinya bagus ) , tapi ada inti cerita yang menarik .

Kisah cinta sejati berbeda bangsa , agama dan keyakinan di antara dua negara yang nota bene bersebrangan . Maaf bukan bermaksud SARA dan menyinggung keyakinan seseorang , tapi yang saya tangkap adalah sesuatu yang universal.

Cinta itu memang misteri , meski banyak yang kayaknya agak segan dengan tema Cinta , mengutip bahasa Andrea Hinata yang menulis laskar pelangi di majalah Annida edisi Februari , kalo ngga salah dia bilang jarang baca buku sastera atau roman lainnya yang banyak bercerita hal cinta yang klasik , dan juga banyak yang bilang film atau sinetron di televisi selalu menampilkan cinta , kok kayaknya basi banget . Tapi menurut saya , justru ada hal menarik di novel laskar pelangi , disitu justru banyak cinta yang terjadi , cinta pada persahabatan , pada masa depan , cinta guru pada muridnya dan juga cinta murid pada gurunya .

Ingat cinta adalah hal yang universal , bukan cuma cinta sejoli antara dua pasang makhluk Tuhan yang bernama perempuan dan laki – laki .

Saya jadi ingat bahwa Nabi dalam keyakinan saya yang muslim , Nabi Muhammad , justru menyebarkan ajarannya dengan penuh kasih sayang dan cinta , juga Yesus dalam keyakinan Nasrani yang menyebarkan ajarannya juga karena cintanya pada hambanya yang ditebus dosanya , atau juga sang Budha yang katanya dari seorang pangeran , karena menemukan ketidakadilan di kerajaan akhirnya menentang dan mencari cinta .

Seorang mahatma gandhi , bunda Teresa atau Lady Diana yang menebarkan kasih ke seantero Bumi ,sehingga namanya dikenang .

Atau Siti Khadijah istri Rasulullah yang menebarkan kasih sayang pada Nabi , sehingga bisa menguatkan Nabi dan menjadikan ajaran Islam tersebar di muka bumi .

Bahkan orang sekejam Hitler , dia melakukan perbuatan kejam karena dilandaskan cinta pada kebanggaan sebagai bangsa Arya , yang menurutnya lebih baik dari umat yang lain.

Cinta , memang bisa membuat kita baik , jadi jahat , hilang akal , buta mata , bahkan buta hati nurani .

Cinta akan datang dan pergi tanpa permisi .

Mengingat film yang baru saya tonton , saya jadi nanya sebenarnya cinta sejati itu masih ada ngga ya di dunia sekarang ini ?

menarik adalah salah satu , ” cinta sejati itu hanya datang sekali

Kira – kira bener ngga ya pernyataan ini , kalau saya pribadi mungkin membenarkan . Karena saya memang pernah jatuh cinta , dan mungkin saya rasa memang itulah cinta sejati saya , dan cinta pertama saya. Ada begitu besar perasaan bermain di situ ,ada begitu banyak yang berbeda yang saya rasakan , penuh warna – warni , tapi entahlah apa itu emang cinta sejati yang sesungguhnya .

apa memang soulmate itu sama dengan cinta sejati , apa cinta pertama itu emang bener cinta sejati kita ?

terus terang masih bingung .

Tapi yang jelas menurut saya , cinta sejati sama dengan soulmate , seseorang yang memberikan perasaan tulusnya pada kita tanpa pernah meminta kembali , rela berkorban apapun demi kita tanpa pernah mau kita tahu , dan dia bahagia kalau orang yang dicintainya bahagia . Mungkin prinsipnya ” cinta itu tak harus memiliki ”

Bagi saya masalah cinta itu ngga akan pernah basi , karena orang yang masih punya cinta berarti dia masih punya rasa , masih punya hati nurani , dan masih menghargai hidupnya yang indah , sehingga melakukan hal – hal positif untuk tujuan akhir pada hidupnya .

Tapi lama – lama saya berpikir untuk menyerahkan cinta sejati saya pada yang punya dan menciptakan cinta sejati ini .

Ya Tuhanlah yang punya cinta sejati ini , dan rasanya pantas saya berikan , meskipun saya kadang tak merasa pantas , karena saya sadar dengan kekurangan dan kedhaifan yang saya punyai .

Tapi saya percaya DIA maha pengasih dan penyayang , Rahmat dan Kasih Sayang -NYA mendahului Murka -NYA .

Jadi marilah mencapai kesejatian cinta tersebut terlepas dari pertanyaan ini :

Cinta sejati … masih ada ngga ya ?

Pesan saya , cuma hargailah seseorang yang sudah memberikan perhatian lebih pada kita dengan kita sadari atau tidak , jangan sampai menyesal karena kita tidak menyadari dan kehilangan dia untuk selamanya.

Semoga kita masih bisa menemukan cinta sejati yang membuat hidup kita lebih bahagia .

ehmm … cinta sejati …. masih ada ngga ya ?


Actions

Information

7 responses

9 02 2008
Penyair Gadungan

Ia mengerti apa yang tidak di jelaskan ,ia mendengar apa yang tidak di bicarakan , ia melihat apa yang tidak di perlihatkan ,dan ia merasakan apa yang tidak diungkapkan ,itulah hatkikat CINTA sejati ,karena CINTA sejati tumbuh dan berkembang dari hati dan selalu bersemayam dalam hati yang penuh keihlasan .

Alhamdulillah , saya merasakan kedamain dan kedalaman makna yang tersimpan dari tulisan singkat di atas , Semoga memang saya bertemu dengan hakikat CINTA SEJATI yang saya cari . terima kasih sudah silaturahmi di blog ini . Sering – sering silaturahmi ya

11 02 2008
Ansori

Cinta sejati…???
seperti cintanya sang laron terhadap cahaya… yg rela membakarkan dirinya dalam api demi bersatu dg cahaya….

iya begitulah kira – kira , cinta sejati mungkin lebih banyak berkorban daripada meminta hasil dari apa yang telah dikorbankan . terima kasih sudah silaturahmi lagi
sering – sering silaturahmi ya

20 02 2008
Nin

Cinta Sejati?
Lilahi wa rasulihi…
Terima kasih juga mau sering-sering mengunjungi balik

bener banget mbak . Lilahi wa rasulihi adalah cinta sejati yang sesungguhnya . sama – sama mbak , kita khan saling bersilaturahmi

14 03 2008
izkia_smile

cinta bukan datang dari nafsu semata, menurut gw lebih indah kata sayang dari pada kata cinta, karena sayang adalah ketulusan dan keihklasan, ga pernah mengharap balas, sayang bahagia jika orang yang kita cintai bahagia,

bener banget , saya setuju sekali
makasih ya sudah silaturahmi di sini
sering2 ya jangan bosan

16 11 2008
hadiiswa

masih ada mas…cinta ibu kepada anaknya…itu cinta sejati mas…

18 03 2009
Zahra

Cinta sejati ?!? Mahabatullahi wa Rasulullahi, yang jelas sebagai cinta sejati menuju akhirat. karena dunia hanya akan mengikuti jika hati qt sudah tertanam cinta yang begitu besar kepada-Nya. Kemudian orang tuamu. Jangan pernah ragu memberikan cinta sejati qt kepada yang layak. Semoga qt orang-orang yang selalu dipenuhi rasa CINTA yang tak akan luntur selamanya

14 05 2011
igjepara

numpang nyimak aja, gan..

Leave a Reply

