masih bangga jadi orang Indonesia ?

8 02 2008

Sebenernya pertanyaan ini aku tanyakan pada diriku sendiri . sebenarnya aku masih bangga ngga jadi orang Indonesia ?

secara ngga tutup mata , peristiwa bencana kayaknya ngga ada habis – habisnya , mulai dari tsunami di aceh , banjir lumpur lapindo , trus tanah longsor di karang anyar dan yang terbaru bencana banjir di bandara cengkareng . Belum lagi di bidang politik , banyak yang saling sikut hanya karena tidak terima dengan salah satu keputusan , akhirnya timbul anarkis , banyak demo .

di bidang ekonomi , harga – harga pada melambung tinggi , bukan cuma minyak gorenag dan minyak tanah , tempe pun akhirnya ikut naik.

di bidang olahraga , selain kering prestasi , ternyata di lapangan sepak bola terjadi anarkisme baik itu supporternya , pemainnya bahkan pelatihnya .

di bidang lingkungan , semakin banyak hutan yang ditebang , bencana di mana – mana?

di bidang hiburan , tayangan gosip yang ngomongin orang semakin bertaburan , film – film yang ada jarang yang mendidik , yang ditampilkan tentang hantu melulu .

di jagad pertelevisian malah ngga kalah norak , yang ada cuma infotainment gosip plus sinetron yang ngga masuk akal , murahan dan cenderung narcis menjual kemewahan , intrik , balas dendam , artis antagonis kelewat batas , astis protogonis kelewat sabar , not real , no education.

sebenarnya aku mikir , bangsa ini generasi mudanya mau di bawa kemana ?

wah , pokoknya aku pikir mungkin sudah ngga ada lagi yang bisa aku banggakan dari negeri ku Indonesia , tanah tumpah darahku , tempat dimana aku dilahirkan.

pada saat ada perasaan begitu , aku nonton acaea kick andy tadi malam di metro tv , kebetulan acaranya di lapas cipinang , dan salah satu bintang tamunya adalah yuriko guiterez , seorang pro Indonesia waktu tim-tim bergejolak sebelum lepas setelah referendum .

Satu aksi menarik dan sebuah pernyataan yang dalam dari seorang yang merasa dizalimi.

ia berkata : meskipun saya merasa Indonesia tidak adil terhadap saya , karena saya di tangkap karena membela tanah air ini , tapi saya tetap cinta dan bangga menjadi warga nehara Indonesia sampai akhir hayat saya .

dan ia menyimpan bendera Indonesia yang punya sejarah waktu perang Tim-tim di dalam kamarnya di penjara dan di dalam hatinya .

begitu bangganya Ia menjadi bagian dari Indonesia .

Yang jadi pertanyaan sekarang , masih bangga ngga kita menjadi warga negara Indonesia , dengan keadaan yang seperti ini?

tapi lebih pantas saya tanya begini

masih bangga ngga saya menjadi orang Indonesia ?


Actions

Information

18 responses

8 02 2008
Cabe Rawit

Asek blogna… Hmmm, ane tetep bangga jadi orang endonesa.😛

sama – sama , saya juga kayaknya bangga jadi orang Indonesia
makasih atas silaturahminya ya

8 02 2008
Landy

Tetep bangga apapun yg terjadi toh buktinya kita tetep ambil udara di negeri ini, ya mesti bangga donk

bener banget , mesti tetap bangga jadi orang Indonesia . secara masih hidup di Indonesia khan ?
makasih ya udah silaturahmi , sering – sering silaturahmi ya

8 02 2008
fauzansigma

“masih bangga ngga saya menjadi orang Indonesia ?”
jawabanya: masih
krn berbagai macam cobaan yg mendera negara itulah kita akan bangkit menjadi negara yg besar suatu saat nanti

Alhamdulillah , ternyata masih banyak yang bangga jadi orang Indonesia. Insya Allah ke depannya Indonesia bisa lebih maju . terima kasih karena sudah bersilaturahmi lagi

8 02 2008
Donny Reza

yang bener…Eurico Guterez kan? bukan yuriko…jadi kayak orang jepang😀

yah, gimana lagi…lahir di sini😉 saya sih masih yakin, suatu saat Indonesia akan ada di puncak peradaban🙂 entah kapan, yang pasti…saya yakin sekali🙂

maap ya kalo saya salah nulis namanya . Maklum , saya manusia biasa . Alhamdulillah masih bangga jadi orang Indonesia . semoga Indonesia akan jaya di puncak peradaban . terima kasih atas silaturahminya , sering – sering silaturahmi ya

9 02 2008
Hedwig™

Selalu BANGGA jadi orang Indonesia.

Indonesia pasti akan maju, semua memang tidak bisa instant, mungkin generasi anak-anak kita akan menjadi lebih sukses.

Amin , Insya Allah , kalau sesuatu tidak instant dicapai , maka akan langgeng juga hasilnya . Terima kasih sudah silaturahmi , sering – sering silaturahmi ya

9 02 2008
dobelden

saya tetep bangga jadi warga jogja😀

Amin , khan jogya juga masuk wilayah teritorial Indonesia . Terima kasih sudah silaturahmi lagi ya

9 02 2008
Mihael "D.B." Ellinsworth

Saya bangga karena saya hendak merubah Indonesia. Is that enough ?

Kalau sudah enak sejak awal, saya nggak perlu buat blog lagi. Diam saja saya di rumah sembari makan snack.😆

Its enough . Soalnya ya emang harus ada yang memulai untuk merubah negeri ini , Indonesia , kalo bukan kita siapa lagi . Selamat untuk terus menulis untuk perubahan negeri ini ke arah yang lebih baik , sehingga bisa diam di rumah dan makan snack nantinya . terima kasih sudah silaturahmi ke blog ini , sering – sering berkunjung ya

9 02 2008
Om Roy

ya ..harus bangga donk jadi warga negara RI ? kok RI disalahin….
pertanyaannya sebenarnya gini ??

masih banggakah kita terhadap pengatur RI ini ???

iya juga ya , bangga ngga ya sama pengatur RI ini ? Tapi apapun itu saya tetap bangga dengan usahanya , terlepas dari hasilnya , karena saya pikir juga pengatur negeri ini adalah manusia biasa , bukan malaikat atau Tuhan . Semoga akan ada perubahan yang pasti di negeri ini . Terima kasih sudah silaturahmi , sering – sering silaturahmi ya

9 02 2008
Dee

Saya justru lebih bangga sebagai bangsa Indonesia setelah saya tidak berada di Indonesia. Honestly, saya melihat masa depan yang cerah di negara tercinta kita. Tentang segala persoalan yang membelit bangsa, toh semua bangsa punya masalah merka sendiri-sendiri. Itulah proses pendewasaan. Laksana ujian, seandainya kita lulus, maka kita akan memperolah kenaikan tingkat. Untuk menjadi yang lebih baik, kita harus mampu mengatasi semua tekanan dan keadaan. Karbon tak akan pernah berubah menjadi intan, tanpa ada tekanan luar biasa besar yang menghimpitnya.

Yach , kadang – kadang rasa kebanggaan terhadap tanah air itu timbul kuat justru setelah kita hidup di negeri asing , ingat kata pepatah jadinya , lebih baik hujan batu di negeri sendiri ketimbang hujan emas di negeri orang . mudah – mudahan soanya tercapai ya , Indonesia menjadi Intannya dan zamrudnya dunia . terima kasih sudah silaturahmi lagi

9 02 2008
bimaconcept

Said :
“Yang jadi pertanyaan sekarang , masih bangga ngga kita menjadi warga negara Indonesia , dengan keadaan yang seperti ini?”

wah, saya pikir kenapa kita yang memang benar2 lahir, dibesarkan, dipenuhi dan dicukupi di tanah air ini, masih mempertanyakan masalah kebanggaan (sekalipun memang (tidak sedikit/ juga tidak semua) munculnya bencana yang disebabkan karena kebobrokan indon itu sendiri).

Mungkin pantas dikatakan “kacang lupa kulitnya” buat orang yang menjawab tidak untuk pertanyaan diatas. Barangkali sering kita dengar pengakuan dari WNA yang merasa nyaman dan bahkan bangga tinggal di Indonesia. Lantas, kenapa kita sendiri tidak seperti itu?……
(Nah loh, gantian gw sekarang neh yang nanya……..😀 )

ya begitulah , saya cuma berharap ada sedikit kebanggaan dalam hati , sehingga mau membangun negeri ini , sehingga ngga ada lagi kebudayaan yang akan hilang.
anyway makasih sudah memenuhi undangan , sering – sering silaturahmi ya

Salam kenal ya.

12 02 2008
PANGERAN 229™

apapun yang terjadi kita harus tetap bangga menjadi bagian dari Bangsa Indonesia. Karena kita dilahirkan dan dibesarkan di negara yang katanya subur, makmur, tentrem ini.

Salam kenal ya!!!

Boleh dong blog kamu ini saya masukin dalam daftar blogroll saya.

Ayo tetap semangat menulis!!!

salam kenal juga . Monggo silahkan dijadikan daftar blogroll , sok saya ijinkan . Insya Allah doakan saya untuk tetap istiqomah dan semangat untuk tetap menulis . Terima kasih sudah silaturahmi , sering – sering silaturahmi ya

12 02 2008
evanrama

pernah di malaysia seorang warga indonesia mengaku sebagai warga malaysia karena apa di saat itu (sekitar tahun 1998) lagi krisis multidimensi ( ekonomi, etnic, ras dll) , ceritanya waktu itu ia lagi naik taksi dengan si supir kebetulan orang tionghoa lantas mereka pun bercakap- cakap seputar politik lalu sampai nyerempet membicarakan negara Indonesia yang menurut si sopir negara kitya adalah negara perusuh, penghancur etnis China . dan karena tak enak hati atau apa dengan si supir , ia pun mengaku sebagai etnis melayu ( Malaysia) duh….:(

sampai kapan pun koe akan bangga jadi orng INDONESIA “MERDEKA ”

—————-
Lam kenal bro, komen blog saya juga dong

Menurut saya ,semua orang punya hak masing – masing atas kebanggaan , tapi sangat di sayangkan juga , semoga cepat sadar dan merasa bangga jadi warga negara Indonesia , apapun keadaan yang terjadi di negeri ini.
Insya Allah saya akan mampir . terima kasih sudah silaturahmi di blog ini , sering – sering silaturahmi ya

o iya blog nya apa ?
lam kenal juga ya

16 02 2008
Nin

Bangga atau tidak tak bisa dipungkiri kan kalo tetep berkewarganeraan Indonesia….
Saya masih ingin menjadi bagian dari bangsa ini, semoga bisa memberi sumbangsih buat tanah kelahiran. Kalo tidak bisa secara langsung semoga kelak lewat anak-anak saya….
Jadi, kesimpulannya, bangga tidak ya?

Ya , kembali lagi pada bu nin dan individu masing – masing . Yang terpenting adalah tetap memberikan sumbangsih bagi negeri ini , meskipun itu dilihat orang lain kecil dan tak berarti .Yang penting kita ikhlas .
makasih ya bu nin udah silaturahmi lagi

21 03 2008
missglasses

bangga jadi orang indon, karena jika saja saya lahir di amerika, mungkin sekarang saya bukan seorang gadis yang berjilbab seperti ini…🙂

Alhamdulillah , bener banget mbak
semoga kita semua tetap bangga dengan Indonesia , apapun yang terjadi di negeri ini
makasih ya sudah silaturahmi lagi di sini
sering3 ya , jangan bosan

31 03 2009
Budi Arianto

kebanggan diri aku menjadi warga indonesia, membuat aku menjujung tinggi harkat dan martabat aku sebagai manusia yang lahir dinegara indonsia.

31 03 2009
reallylife

@budi arianto : bener mas, kita kudu bangga sebagai warga negara Indonesia

5 04 2009
jeddah k.s.a

biarpun aku 17 thn hidup di saudi aku tetap bangga jadi w.n.i tumpah darahku purwokerto ku tercinta.. adanya bencana,gosip,korupsi yang lagi tenar tapi tetap indo ku tercinta.. salam kenal to semua

6 04 2009
reallylife

bener banget
kita emang harus bangga jadi orang Indonesia
kunjungi juga ya blog saya ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s