Palestina … tanah sejuta doa

21 01 2008

Lagi – lagi hari ini aku mendengar tentang ranah palestina yang seolah tak pernah lepas yang dari namanya perang . Semua berebut mengklaim palestina sebagai tanah sucinya , semua merasa berhak .

Negeri itu , tanah itu yang jadi perebutan , YERUSALEM

yahudi mengklaim bahwa itu adalah tanah mereka , jadi ingin didirikan kuil haikal sulaiman.

nasrani mengklaim bahwa itu adalah tempat isa yang dipercaya sebagai yesus disalib

muslim mengklaim bahwa itu adalah tempat isra dan mi`raj nya Nabi Muhammad SAW.

Maaf juga sebetulnya saya berat sekali menyinggung hal ini , karena berhubungan dengan masalah keyakinan dan prinsip.

namun melalui tayangan national geograpic di metro tvyang berjudul inside the holy land .

Sebenarnya saya menangkap kesucian dan kekudusan tempat tersebut . Semua berdoa di tanah yerusalem tersebut.

Kumandang azan dan zikir yang menggema dari masjidil aqsa.

nyanyian kidung kudus dari gereja katedral yang tertua .

Dan ratapan tangis dari umat yahudi di tembok ratapan.

Dan lokasi mereka itu berdekatan , di dalam satu kompleks yang jaraknya berdekatan.

Lalu , apakah dengan pujian yang selalu membahana tersebut tak membuat hati bergetar melihatnya ?

lalu , kenapa masih saja ada perang ? masih saja tak ada peri kemanusiaan di sana ?

anak – anak dibunuh , wanita diperkosa , semua – semuanya menjadi korban .

Tak bisakah yosef , ahmad , dan david duduk bersama dalam satu kedamaian .

Tak ada pembelaan di sini , menurut opiniku , mereka rakyat palestina yang melakukan bom intifada dan diidentikkan dengan muslim , padahal warga palestina sendiri tak seluruhnya muslim , apakah mereka melakukannya dengan senang hati ?

tentu tidak , pers yang tak berimbang slalu memojokkan muslim , bukan karena saya seorang muslim , namun lebih pada mencari makna keadilan pada semua pihak .

Apakah pada masa kejayaan kilafah islamiah , umat non muslim teraniaya ?

bukan mendeskreditkan keyakinan lain ,yang ingin saya tegaskan , dalam keyakinan apapun , entah itu yahudi , sik ,nasrani ,shinto , budha dan hindu , yang mengajarkan pemeluknya untuk selalu menjaga perdamaian , bukan berperang.

Secara logika , bumi sudah tua , tua sekali , dan secara lahiriah dia punya nyawa yang setiap saat akan berakhir , tak ada yang abadi di dunia ini .

lalu apakah keadaan akan terus seperti ini ?

Saya menyadari mungkin tulisan ini tak berguna banyak , namun setidaknya ada yang saya kenang , ada yang saya lakukan buat seluruh saudara yang ada di dunia ini . Bagi saya tak masalah kontribusi itu sedikit atau banyak , yang penting adalah keikhlasan .

Perdamaian adalah hal yang dicintai oleh seluruh makhluk , pun saya yakin itu ada di hati seorang hitler , atau jengis khan . Ingat mereka juga manusia biasa , bukan malaikat , juga bukan iblis.

Semoga palestina akan damai nantinya , meskipun itu saatnya waktu dunia ini berakhir .

mengutip dialog orlando blomm dalam film Kingdom of heaven

if this land is kingdom of heaven

let GOD decide it

kurang lebih maknanya seperti ini

jikalau yerusalem adalah kerajaan Tuhan

biarlah ia yang menentukan dan menjaganya

Sebuah film yang bertindak netral untuk sebuah kontroversi , meski memang tetap ada kekurangan ,

karena kesalahan adalah milik manusia , dan kesempurnaan adalah milik TUHAN

Palestina …. tanah sejuta doa


Actions

Information

16 responses

22 01 2008
atapsenja

Bukan hanya di Palestina saja yang tidak berprikemaanusiaan. Di negeri kita sendiri mungkin masih ada. Ya, kita hanya bisa bersedih sambil berdoa. Semga dunia ini bisa damai.

ya begitulah . saya berharap agar ketidakadilan itu akan berkurang , karena untuk musnah barangkali akan susah , karena memang itu adalah pasangan dari keadilan . saya mengamini , bahwa damai akan terjadi di dunia ini,
tak bosan -bosan pula , saya mengucapkan terima kasih atas silaturahminya .

22 01 2008
brainstorm

sejarah panjang tanah gersang, apa yang mereka cari? entah

mungkin mereka hanya mencari jati diri

memang panjang , sepanjang peradaban manusia . jati diri semoga mereka temukan .
terima kasih sudah sudi silaturahmi lagi.

23 01 2008
maxbreaker

Yah, saya cm bs bntu doa buat palestina…
Doakan saya y biar lo bsr jd presiden, biar saya pny kkuasaan bwt bntu palestina🙂

amin , saya doakan dech . ya memang yang bisa kita lakukan sekarang adalah doa , tapi daripada ngga sama sekali , masih mending ada khan yang dilakuin.
terima kasih atas silaturahminya , sering – sering silaturahmi ya

23 01 2008
aRuL

semoga Palestina tetap diberi Allah ketenangan hidup🙂

amin . saya mengharap memang begitu .
terima kasih atas silaturahminya
sering – sering silaturahmi ya

23 01 2008
bundafaiz

Jangan hanya puisi…
Jangan hanya do’a…
Jangan hanya simpati…
Jangan hanya tangisi…
TAPI..
Sisihkan dana kemanusiaan untuk mereka..
Sumbangkan sebagian uang untuk yg teraniaya..
Sebagian besar tentunya..
Bukan recehan.. bukan sisa belanja..
TAPI..
2,5 % minimal..bahkan lebih..
Untuk yg terboikot ekonominya..
Untuk yang terpenjara hak2 hidupnya
Untuk yg berjuang di jalan NYA
Untuk..
JIHAD FII SABILILLAH
Ini masalah akidah.
Bukan kemanusiaan lagi.
Lebih dari sekedar itu.

bener sekali . tapi maaf , mungkin memang tulisan yang bisa saya sumbangkan dan bantu untuk palestina . meskipun saya tau itu mungkin yang paling minimal yang saya usahakan ,. minimal ada yang tergerak untuk ikutan membantu dan berjuang dengan cara masing -masing. insya Allah , Allah akan membantu .

23 01 2008
widyantoa

Jerusalem adalah milik bersama baik muslim, yahudi maupun kristen karena kenyataannya memang di situlah tempat lahir dan berkembangnya agama2 besar. ngapain saling mengklaim sbg pemilik tempat itu? kenapa nggak berdoa sendiri2 di situ tanpa saling ganggu? jika saja agama tidak perlu diwakili oleh otoritas tertentu maka tidak akan ada dilema kekuasaan dalam praktek beragama.

kenapa harus ada otoritas semacam Vatikan, MUI, dll dll yang justru lebih sering bikin masalah dari pada menyelesaikan masalah. soal beragama biarlah jadi urusan privat antara individu dengan Tuhan, pemerintah ndak perlu ngatur2 yang penting memberi mereka keleluasaan untuk menjalankan keyakinannya. kalau ada otoritas agama repot jadinya karena ada klaim2 siapa yg lebih benar dari siapa. ada departemen agama yg nggak relevan kerjaannya, jadinya malah sarang korupsi!!! jadi siapa yg sebenarnya berhak membina hidup beragama kalau pembinanya malah pada korup. ini ada satir lucu sekaligus ironis :

MUI menuduh Ahmadiyah sebagai aliran sesat. Gus Dur lalu menyanggah, tidak ada urusan MUI menyebut Ahmadiyah sesat karena MUI sendiri juga nggak bener. besoknya ada opini ” sesama sesat dilarang saling menyesatkan. tertanda Tuhan ”

intinya, siapa yg tahu sesat atau tidak di mata Allah? hanya Allah yg tahu. makanya, gak usah berebut bener dalam beragama, yg penting jangan saling mengganggu.

saya mendukung pendapat itu , karena terus terang saya enggan mengambil mahzab atau aliran tertentu dalam keyakinan saya . saya hanya mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW dan Allah SWT , yang diaplikasikan dalam Al-qur`an dan Hadist . semua sudah jelas , saya hanya ingin kita saling bergandeng tangan dan berdampingan . keyakinan adalah masalah individu , kalo sudah menyimpang kita minimal saling mengingatkan , tapi sebatas itu , tanpa pemaksaan , itu lebih indah dan lebih dimengerti . Ingat Nabi Muhammad sendiri pernah ditegur karena meminta Allah untuk memberi hidayah pada pamannya Abu Talib. berdoalah dan berbuatlah sesuai keyakinan dan tuntunan agama yang diyakini.

23 01 2008
Resi Bismo

palestina, negeri para rasul dan nabi
palestina, negeri para mujahid dan mujahidah
palestina, tanah waqah muslim sedunia
bebaskan palestina……..

Insya Allah . semoga yang terbaik terjadi di palestina
makasih ya atas silaturahminya , sering -sering silaturahmi ya

26 01 2008
bisaku

Apa yang terjadi, terjadilah sebagaimana kehendak TUHAN atas manusia…

Sebenarnya yang bikin ribut itu kan bukan pemikiran antar pemeluk agama yang beribadah disana, tapi para kaum politik dan elite serta kekuatan yang saling berebut pengaruh disana dengan menampikkan pemikiran para masyarakat yahudi, arab, asia dan seluruh dunia yang beragama Islam, Kristen, Yahudi, yang dengan damai beribadah dan saling mencari berkat dengan mengantarkan doa kepada Tuhan.

Ah, andai dunia ini seindah lagunya “imagine” yang disuarakan John Lennon🙂

ya begitulah , dunia emang penuh warna . saya berharap semoga elite politiknya diberi hidayah , sehingga lagu imagine by john lennon tak hanya menjadi sebuah lagu yang didendangkan tapi sebuah syair yang diaplikasikan
terima kasih sudah silaturahmi di blog ini
sering – sering silaturahmi ya

27 01 2008
erander

Tak bisakah Yosef , Ahmad , dan David duduk bersama dalam satu kedamaian ..

Mungkin ini pertanyaan yang ada dibenak banyak orang .. cita2 perdamaian agar membuat bumi ini layak untuk kita huni bersama.

Harapannya sich begitu bang , kedamaian yang tercipta di seluruh penjuru bumi . semoga jadi kenyataan , bukan mimpi

31 01 2008
syelviapoe3

Pak Said…
Saya juga nonton “Inside the Holy Land”…hm…saya miris melihat kondisi muslim di sana…Anda melihat berita di tv..pasokan sembako dan listrik mereka di putus dan PBB cuma bisa “ngomong”. Israel cuma obral janji…Mesir justru memulangkan eksodus palestine karena di gertak sama USA. Duh..saya geram sekali…

iya , saya juga geram sekali , ingin rasanya bisa memberikan aksi bukan cuma lewat pena saja . terima kasih atas silaturahminya . kita doakan saja semoga memang ada perdamaian di ranah palestina

1 09 2008
abdul rakhman

harapan kami semua adalah terjadinya perdamaian . tapi bagai mana akan terjadi perdamaian jika masih ada penindasan pemboikotan dari pihak lain sehinga membuat orang lain sengsara menderita lahir maupun batin , Isalam adalah agama yang membawa ketenangan, keadilan, dan rahmatan lil alamin. sebagai mana yang diajarkan di contohkan oleh baginda rasulullah yang begitu cinta dan sayangnya kepada umatnya.ketika beliau sakit keritis yang di ingat adalah umatnya . Tapi umatanya seribu satu orang yang selalu dalam bertindak melihat apakah ini sudah pernah di contohkan oleh nabi. Ayo mari kembali kepada apa yang sudah di ajarkan oleh nabi. Jika kalian berselisih kembalikan urusan itu kepada Alquran dan Al Hadits agar kita berada di jalan yang benar. Terima kasih atas silaturrahminya.

24 10 2008
Muhammad Yulius

Assalamualaikum, numpang mampir, Mas Said. Blognya bagus dan inspiratif. Teruslah kembangkan wacana-wacana seperti ini, bagus untuk memperkaya model-interaksi kita. Wassalam. Muhammad Yulius

28 11 2008
awamologi

Pastilah, aku juga prihatin soal Palestin. Tapi, yang sampai sekarang aku blum paham adalah dulu-dulunya, menurut sejarahnya, sebenarnya tanah ini milik siapa sebagai penduduk sahnya dan seterusnya bagaimana kronologinya hingga terjadi saling klaim. Mohon aku diberi info Mas.

7 01 2009
alex

Salam Sejahtera untuk Kita Semua..

ini bukanlah msalah agama, ras atau pengklaiman t4 ibadah. Tapi msalah palestina dan Israel lbih pada msalah perebutan tanah. Tanah Israel yg kita tahu sekarang bukanlah tanah Israel yg sbenarnya. Israel telah mencaplok sebagian besar wilayah palestina. Maka tidak menutup kemungkinan 10 tahun kdepan Palestina tidak akan ada dalam peta dunia. Pada hakikatnya aku mncintai kedamaian, tapi manusia mana yg rela tanahnya diambil orang lain. Hal inilah kemudian yg mendasari perang tsb, baik hamas maupun yg lainnya. Kdamaian di tanah palestina akan terjadi apabila Israel di musnahkan. Karena Israel adlah penjajah bagi rakyat Palestina. Bergabunglah negara2 yg tidak mengakui kdaulatan Israel untuk menghancurkan Israel.

Tuhan memberkati….

13 01 2009
dir88gun

Masalah persengketaan tanah antara warga Muslim & Yahudi di Pelestin bermula pada saat Daulah Khilafah Usmaniyah di Turki mengalami kehancuran akibat propaganda kafir Barat.
Hal tersebut kemudian dimanfaatkan oleh Teodhore Hertz dkk yang menghasut warga Yahudi agar menguasai tanah Palestin.
Cara paling efektif untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah mengembalikan hak pengelolaan tanah tersebut kepada pemilik terakhir yang sah, yaitu Daulah Khilafah.
Tanah Palestin adalah tanah wakaf yang diserahkan secara ikhlas dari pemilik sebelumnya kepada Khalifah Umar ra. & kemudian dibebaskan kembali dari tangan penjajah oleh Khalifah Muhammad al Fatih.
Bisa saja saudara Muslim kita di Pelestin lari & mengungsi ke negara lain agar selamat, namun hal itu tidak mereka lakukan, karena mereka telah bersumpah untuk merelakan jiwa mereka guna melindungi tanah wakaf milik Daulah Khilafah, hingga Daulah Khilafah bangkit kembali.
Wahai Saudara Muslim di manapun juga, relakah kalian berlama-lama membiarkan penderitaan saudara muslim kita di Palestin terus berlarut-larut?
Wahai Saudara Muslim di manapun juga, marilah kita tegakkan Khilafah sekarang juga!
Agar Saudara kita, baik umat Muslim maupun Yahudi, dapat kembali berdamai seperti sedia kala!
Agar berbagai masalah yang melanda kita saat ini dapat teratasi!
Dan yang terpenting, agar hukum Allah dapat ditegakkan kembali di muka bumi ini!

1 01 2011
Febri Indra

We will not go down Palestine..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s