SIlaturahMI

15 01 2008

Kata ini paling banyak disebut saat Hari raya tiba, Saat ada yang sakit , acara perkawinan . Tapi apakah kata ini santer terdengar pada masa sesudahnya ?

agak susah

Hidup di jaman sekarang , apalagi tinggal di kota , kata silaturahmi seolah menghilang.

Dengan jadwal yang padat di kantor , sekolah , bahkan di rumah , membuat kita sulit melaksanakan yang namanya silaturahmi , atau saling berkunjung.

Peran silaturahmi sekarang sudah tergantikan dengan alat yang lebih canggih , seperti handphone , email.

Jadi jangan salah kalau sekarang ucapan selamat bisa disampaikan lewat sebuah sms , atau email , meskipun kita berada dalam satu kota.

Aku merasakan nya saat ini , betapa waktu terasa singkat dan aku susah menjalin silaturahmi dengan teman terdekatku . Kadang , kedatangan kita sudah menimbulkan prasangka , sehingga mereka seperti berpikiran lain. Sementara aku , cuma ingin menegakkan kembali kata silaturahmi .

Betapa indahnya Rasulullah , melaksanakan silaturahmi di zamannya , mempererat persaudaraan . Dengan banyak silaturahmi kita menyambung nyawa , menjalin persaudaraan abadi yang tak tergantikan oleh tekhnologi secanggih apapun.

Boleh jadi masalah yang banyak timbul di negara ini adalah kurangnya silaturahmi di antara sesama. Antara pemimpin dengan rakyatnya , antara si kaya dengan si miskin.

Pernah kah kita mencoba bersilaturahmi ke panti asuhan, rumah jompo , rumah sakit , kuburan , bahkan ke penjara ?

Silaturahmi bukan hanya pada saudara , memang utamanya adalah antara saudara dekat dulu.

Silaturahmi ke panti asuhan , mengingatkan kita yang beruntung masih memiliki orang tua , keluarga dan rumah yang nyaman di huni .

Silaturahmi ke rumah jompo , mengingatkan kita untuk mendidik anak secara baik sehingga tak menelantarkan kita di hari tua

silaturahmi ke rumah sakit , mengingatkan kita betapa nikmatnya anugrah sehat yang telah diberikan oleh yang Maha Kuasa , jadi kita akan berusaha menjaganya

Silaturahmi ke kuburan , mengingatkan kita bahwa hidup sangat singkat , sekali lagi sangat singkat , jadi kita akan bisa mempersiapkan diri dengan bekal yang mampu kita bawa.

Silaturahmi ke penjara , mengingatkan kita bahwa kita masih beruntung , dan juga bahwa setiap manusia diberi cobaan sesuai batas kemampuannya , mengingatkan kita untuk selalu berjalan di atas rel yang telah ditentukan , mensyukuri nikmat yang telah dinikmati , berusaha sabar dan menahan amarah , selalu hidup apa adanya tanpa berlebih-lebihan.

Silaturahmi pada tetangga , mengingatkan kita bahwa pertolongan pertama pada apa yang terjadi pada kita adalah jiran tetangga , membina hubungan baik dengan mereka.

Silaturahmi pada yang kekurangan , mengingatkan kita akan kelebihan yang kita miliki.

jadi bersilaturahmilah selagi masih ada nafas di tenggorokan, jangan buang kesempatan selagi ia masih ada.


Actions

Information

10 responses

15 01 2008
Mardies

Pertamax!

Makasih. Kemajuan teknologi memang membuat kita lupa untuk sekedar bertemu muka. Padahal ada banyak manfaatnya buat diri kita dan orang lain. Bertemu muka adalah nikmat dan anugerah. Betul?

bener banget , makasih ya udah mampir
sering-sering mampir ya

15 01 2008
devry

Nah, bukannya di blogsphere juga kita bisa “Bersilaturahmi” antar Blogger, Walaupun kita dalam posisi geografis yg berbeda & belum pernah bertemu secara langsung.

Namun, hati & persaudaraan kita tetap terjalin. Bertukar pikiran, ide, & informasi yg bermanfaat antar sesama😉

MARI KITA MENJALIN PERSATUAN, KESATUAN, & PERSAUDARAAN SESAMA BLOGGER INDONESIA!🙂

sip banget , aku sangat mendukung tuch
makasih atas silaturahminya , sering -sering mampir ya

16 01 2008
R.Tegar

Alhamdulilah…aq dpt penuhi undangan dan ber-sìlaturahmi ama disini…lam k’nal ya…*salaman*
Well….hub horisontal dan vertikal emang kudu sama2 jalan (manusia dgn Tuhan, dan manusia dgn manusia. Red)

bener banget , itu salah satu tujuannya .
makasih ya mas atas silaturahminya , sering -sering bersilaturahmi ya

16 01 2008
atapsenja

Silahturami ke blog memperat persaudaraan.

bener banget mbak . terima kasih atas silaturahminya ya
sering-sering berkunjung ya

16 01 2008
atapsenja

salah ketik ya. Silaturahmi yang benar:mrgreen:

17 01 2008
Watuitem

Memang kemajuan teknologi sudah sangat pesat, dan bukankah itu bisa membantu kita memperlancar silaturrahmi dalam arti yang berbeda ? Jika kita mempunyai sanak famili yang berada jauh disana, dengan handphone, email, bahkan blogs, kita juga masih bisa bersilaturrahmi dengan cara yang “sedikit” berbeda tanpa mengurangi makna silaturrahmi sesungguhnya.

Thanks,
Sekalian minta ijin link.

terima kasih sudah mau mampir . Ya barangkali karena kemajuan teknologi jadi silaturahmi hadir dengan wujud berbeda . salam kenal balik mas . Monggo mampir lagi lain kali
linknya saya perbolehkan , sekalian memperbanyak silaturahmi

17 01 2008
akhdian

Alhamdulillah bisa silaturahmi balik🙂

alhamdulillah juga atas silaturahminya . Sering – sering silaturahmi ya

17 01 2008
raddtuww tebbu

ikutan bersilaturahmi,,
salam knall..
*salaman*

terima kasih atas silaturahminya . sering -sering silaturahmi ya mbak

17 01 2008
sakurabloom

silaturahmi apa silaturahim?!!?!?

silaturahmi adalah bahasa yang lazim dan turunan dari silaturahim . makna nya menurut saya sama . makasih udah mau mampir , sering – sering silaturahmi ya

9 05 2014
Johnb438

Thanks for sharing it edcgcadakegb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s