maaf

12 01 2008

kata yang sebenarnya sangat-sangat sederhana , tapi untuk melaksanakannya sangat-sangat berat

Untuk meminta maaf dengan seseorang , kadang kita terhadang oleh gengsi , egoisme yang kita punya , rasa malu dan rasa takut.

Ibaratnya kita merasa itu adalah kekalahan paling besar dalam hidup kita , kita merasa bersalah karenanya , padahal kita merasa benar.

memberi maaf pada seseorang pun sama sulitnya . Kita merasa bahwa yang salah itu akan selamanya salah . belum lagi kita dipengaruhi oleh orang sekitar dan dendam yang berkesumat dalam jiwa.

Kita memang perlu banyak belajar .

Belajar mengakui kesalahan dan kekalahan . Mengalah untuk menang .

Belajar untuk berjiwa lapang memberi kesempatan pada orang lain.

Belajarlah dan belajar

Karena makna yang terkandung dalam sebuah kata sederhana ” maaf ” , sangat besar dan kita kadang takjub dengan makna dan hikmah di dalamnya.

Dan saya bukan orang egois yang merasa sudah bisa menjalankan kata ” MAAF ” dalam hidup saya.

Tapi saya mau belajar memahami dan melaksanakan .

tak ada pernah ada kata terlambat dalam memulai sesuatu daripada tidak sama sekali.


Actions

Information

14 responses

12 01 2008
Um Ibrahim

Maaf adalahsatu kata yang susah2 gampang, kalau terlau sering minta maaf malah kesannya gampang ngumbar maaf, kalau pelit maaf malah dicap mau menang sendiri, ya gak?🙂

Btw, thank’s udah mampir, sering2 ya😉

12 01 2008
lahapasi

MAAP SAYA NYAMPAH DI SINI BOSS..
*hehe..ngeluyur*

12 01 2008
Nin

Dalam Qur’an yang diperintahkan adalah memberi maaf. Nyatanya memberi maaf memang lebih sulit dan lebih utama. Sekiranya setiap orang langsung memberi maaf bilamana orang lain berbuat salah, maka tidak akan ada dendam di muka bumi ini

13 01 2008
rickisaputra

Maaf, bagi saya adalah sebuah ungkapan keikhlasan untuk menerima seseorang apa adanya. Mungkin benar ia telah menyakiti saya. Namun dengan ikhlas dan rela, saya menerima kondisi itu sebagai bagian dari tingkah polah beliau. Dan untuk itu, saya memaafkan dia.

best regard.
kunjungan balasan, tq 4 visiting.

13 01 2008
Abeeayang™

ah, saya mao memaafkan mbah suharto ajah 😀

13 01 2008
realylife

makasih buat semuanya yang udah kasih coment,
buat Abeeayang, rickisaputra,nin, lahapasi,dan um Ibrahim
Insya Allah , saya juga akan jalan-jalan berkunjung
Silahturahmi lah , katanya kalo banyak silahturahmi , banyak temen , banyak sodara dan banyak rezeki .
semoga kita semua banyak rezekinya

13 01 2008
dobelden

Ke-Aku-an mengalahkan segalanya…

contoh kecil, ketika misal putus cinta, sebenarnya kita nangis bukan karena putus cinta tp karena dah gak punya pacar, begitupun saat diterapkan ke hal yang lain,

Kita sulit memaafkan orang lain karena Ke-AKU-an yang dominan dalam diri ini..🙂

*teoriiii😀

13 01 2008
realylife

iya sich , tapi kalau mau coba bisa khan ?
ya itu tadi seperti yang anda bilang , kita ini emang kebanyakan teori
makanya saya mau memulai dari diri saya sendiri
bagaimana ? setuju ?

13 01 2008
Tedy

maaf…sebuah kata yang mudah diucapkan namun sulit dilaksanakan….
semoga kita semua menjadi orang yang pemaaf 🙂

13 01 2008
realylife

terima kasih atas komentnya mas tedy
sering-sering mampir di blog ini ya
aku berdoa demi perjuangan mas tedy

14 01 2008
Wawan

hallo mas said…notified by your message, i read your article maaf…salam kenal dl …ak wawan…
menarik …iya maaf hal sepele tp kita sering lupa…makanya sy setuju mas said nulis ginian…krn bisa jadi reminder buat smuanya…
ttg maaf ak cenderung lari tuk berpikir ke perkara sedikit teknis…yaitu bagaimana memposisikan diri sbg pihak pemberi maaf ato sbg pihak penerima maaf….bnyk kasus yg membingungkan sprt ini terjadi contohnya kecelakaan berkendaraan…mostly pasti eyel2 an siapa salah siapa benar…menimbang hal demikian ak berpikir bhw msh ada akar dr maaf…yaitu sabar…

bener banget . semuanya adalah sabar dan proses . salam kenal juga buat wawan nich . makasih banyak atas silaturahminya . maaf nich baru dikasih coment abis kelewatan . jadi saya berbesar hati meminta maaf nich . o iya sering -sering silaturahmi ya . trus kalo mau share bisa juga , lewat email saya dyandrawicaksono@yahoo.co.id

14 01 2008
fauzansigma

tuhan saja maha pemaaf kan Bos..
pastinya qt jg scr eksplisit dpt jatah slah satu sifat Maha Pemaaf itu..
salam kenal

makasih komentnya dan kunjungannya
sering-sering mampir dan baca tulisan yang lain

23 01 2008
bundafaiz

MAAF…
Patut kita berikan maaf kita sebanyak2nya untuk Bpk Suharto yg sedang menghadapi penantian yg panjang..( gak nyambung ya? biarin deh..)
Barangkali bisa meringankan penderitaan beliau.
( kok aku jadi sentimentil gini ya..? Abis kasian beliau..)

tetep nyambung kok , ya khan kita harus belajar memberi maaf pada siapapun , tanpa meluhat siapa dia.
terima kasih atas silaturahminya . sering -sering silaturahmi ya

4 04 2008
budhisantoso97

MAAF bgt mas, yg udah mampir di blog saya tanggal 31 januari, dan saya baru sempat mampir 2 bulan kemudian…maaf ya tp dah mampir niii

ngga apa2 mas , siapa tau tali silaturahmi bisa terjalin dengan erat , tidak pernah ada kata terlambat khan dalam memulai sesuatu
makasih ya sudah silaturahmi di sini
serring4 ya , jangan bosan3 ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s