JANGAN panggil aku PELACUR

31 12 2007

Namaku Sina , usiaku 20 tahun . Kata orang aku cantik , seksi dan supel . Banyak sekali lelaki yang terpikat denganku . Di kampus aku terkenal sebagai bunga yang dicari para kumbang. Wajahku mungkin tak kalah cantik dengan Luna Maya cuma beda nasib . Dia artis terkenal sedang aku meski cantik statusku tetap rakyat biasa , gadis kampus . Ehm tak salah kalau Ardi bintang basket kampus naksir berat padaku . Entah sudah berapa kali ia mengajakku untuk makan malam , tapi selalu kutolak . Aku masih belum siap , belum siap untuk jatuh cinta , karena bagiku cinta saat ini , hanyalah sebuah mimpi yang terlalu indah untuk digapai . Aku masih belum pantas .

*

Kulalui lagi jalan Jenderal Sudirman yang lengang di malam hari . Malam bulan Zulhijjah . Oh syahdunya bertaburkan bintang di langit . Tapi ups , aku merasa aneh dengan penampilanku saat ini . Aku mengenakan jilbab , Oh Tuhan pakaian yang tak pernah aku sentuh karena aku masih merasa PD dengan pakaian seksi yang biasa aku kenakan , tapi kenapa ?  Kutampar diriku lagi , Sakit ! . Aku sedang tidak bermimpi khan ? Dan aku masih disini di tempat yang biasa ku datangi . Tiba-tiba aku melihat Miana sahabatku . Dia bersama Rohim , anggota perkumpulan pemuda Islami di kampus . Tapi dia ngapain ya ? Trus Miana kok kelihatan sedih banget . Ada apa ya ? Belum sempat aku menghampirinya , tiba-tiba pandanganku gelap dan semuanya jadi hitam . Aku tidak ingat apa-apa lagi . Oh … ada apa ini ?

*

Balikpapan 20 Desember 2007

Seperti biasa aku berjalan menuju diskotik Mino yang terletak di hotel langgananku . Hotel yang cukup ternama di kotaku . Aku mengenakan make-up yang tebal plus menor, seolah aku bisa nyaman bersembunyi di dalamnya . Kutemui Sason , lelaki yang sangat akrab denganku belakangan ini . Sason selalu memberiku limpahan materi. Aku sich senang-senang saja . Lumayan lah , bisa buat beli HP gaul , supaya ngga malu sama teman-teman . Yach memang aku gengsi kalo ngga sedikit bergaya di kampus . Bisa-bisa Deodira akan mencercaku lagi . Deodira  gadis kampus yang masuk dalam jajaran menengah kelas atas , maklum bapaknya seorang dokter dan ibunya pengusaha kue yang cukup terkenal di kota ini . Aku ngga mau malu lagi . Aku ingin mereka mengakui keberadaanku .

Seperti biasa aku larut lagi dalam pelukan Sason . Menikmati champagne mahal yang dibelikan khusus untukku . Sason ngga sendirian , ada Wisnu dan Adi temannya . Hari itu kami merayakan keberhasilan proyek Sason yang menang tender. Musik DJ yang mengalun dan menghentak seolah membuaiku ikut terhanyut . Oh … indahnya dunia. Semua berjalan cepat , entah sudah berapa gelas aku minum , yang jelas aku sangat mabuk karenanya . Dan lagi-lagi semua gelap . Aku tidak ingat apa-apa.

*

Balikpapan 21 Desember 2007

Aku melihat ibu sangat sedih  juga Tia dan Ario adik lelaki yang sangat aku sayangi . Tapi kenapa ya ? Bukankah kemarin ibu baru aku belikan baju muslimah di butik Shafira yang terkenal , lalu Tia , dia juga sudah kebelikan HP 3G yang mahal sehingga dia tidak perlu malu lagi dihina oleh teman-temannya . Dan Ario kubelikan seperangkat  alat permainan sepakbola plus sepatu bola dengan merk yang terkenal , aku tahu dengan begitu ia akan jadi giat berlatih . Ario pernah bilang bahwa suatu hari nanti ia ingin menjadi pemain bola yang tersohor , sehingga kalau bisa sehebat Bambang Pamungkas , ia akan mengajak kami sekeluarga Ibadah Haji . Ah … sungguh mulia cita-citamu Ario.

Tapi lagi-lagi aku heran kenapa semuanya bersedih . Apakah mereka tidak suka dengan hadiah yang aku berikan itu . Tapi ngga mungkin ah . Toch kemarin saat aku memberikannya , semua nampak bahagia. Atau jangan-jangan mereka cuma ingin membuatku senang . Tapi mustahil , yang aku tahu mereka , keluargaku , adalah orang-orang yang tulus menerima pemberian , apalagi itu dari aku . Mereka orang-orang yang tulus dan enggan berpura-pura . Ingin aku menanyakan langsung . Tapi entah kenapa kakiku susah digerakkan . Aku kaku bagai es. Lagipula aku takut dimarahi ibu , soalnya aku tidak pulang semalam . Selama ini aku selalu pulang meski larut malam sekalipun . Oh … ibu ada apa ini ?

*

Balikpapan 22 Desember 2007

Sudah hari ke 2 , aku ngga pulang ke rumah . Aku takut penyakit Asma ibu kambuh gara-gara khawatir denganku . Tapi … aku juga bingung kalo ibu menanyakan kemana aku selama 2 hari ini . Alasan ke rumah Miana ngga mungkin , soalnya aku memang ngga ke sana selama 2 hari ini . Menemui Miana juga sulit , beberapa kali kudatangi ke rumahnya , dia tidak ada . Di kampus juga tidak ada. O iya biasanya Miana ada di Cafe Alista di kawasan Ruko Bandar . Segera aku bergegas ke sana dengan harapan bisa bertemu Miana . Syukurlah aku melihat Miana . Ia duduk sambil memegang buku di tempat biasa kami minum sambil menikmati mentari sore. Tapi ekspresinya kok sama dengan Ibu , Tia , dan Ario . Sebenarnya ada apa ini . Belum sempat aku menghampirinya , tiba-tiba ponsel Miana berbunyi . Tampak sekilas ia bertambah sedih dan mengucapkan Innalilahi , tapi siapa yang meninggal ? . Oh … mungkin salah satu keluarga dekatnya . Soalnya ia begitu sedih . Tapi pikiranku terfokus pada buku yang dipegangnya . Itu khan buku diaryku , tapi kenapa bisa ada pada Miana . Kucoba untuk mengejar dan mengikuti Miana yang tampak segera beranjak dari tempat duduknya .

*

Balikpapan , senja 22 Desember 2007

Kuikuti terus Miana , tapi jalan yang ia tuju seperti aku kenal . Ini khan jalan menuju ke rumahku . Miana mengetuk pintu . Tampak Ibu keluar , aku segera mendekati mereka dan bersembunyi . Terus terang aku masih takut , masih belum berani .

” Bu … selamat hari Ibu ya ” Ujar Miana

” Terima kasih Miana ” Jawab Ibu

Ups aku lupa hari ini ternyata tanggal 22 Desember , tanggal yang biasa diperingati oleh kaum wanita sebagai hari ibu . Biasanya aku membelikan kado yang special dan melarang ibu mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Ibaratnya meski cuma satu hari , aku ingin ibu istirahat dari tugas rutinnya itu . Aku ingin merasakan bagaimana hebatnya tugas seorang ibu . Dan aku ingin membalas jasa dan pengorbanan ibu , yang telah bekerja keras dan membesarkan anak-anaknya

” Ibu … maafkan Sina ya ” Gumamku dalam hati

” Bu … ikut aku ya ke RS Restu Ibu ” Ajak Miana.

Aku semakin bingung , kok Miana malah mengajak ibu bukan aku . Dan lagi-lagi aku jadi tambah bingung.

*

Malam yang kelabu , Balikpapan 22 Desember 2007

Warna cat putih RS Restu Ibu membuatku mual . Mencium baunya saja aku eneg . Aku paling benci yang namanya Rumah Sakit . Tempat ini yang telah merenggut Ayah serta Andri kakakku yang paling besar . Uh … sebenarnya aku sebal , tapi semua kutahan demi memuaskan rasa penasaran dalam hatiku . Ku ikuti terus langkah Miana dan Ibu , tapi kok malah ke kamar mayat . Dan kenapa di pintu depan ada beberapa pria berseragam coklat . Dan saat Ibu dan Miana berada di depan sebuah jasad , tangis pun pecah .

” Ibu yang kuat ya …. ” Ujar Miana memegang tangan ibu.

Saat ibu perlahan membuka kain yang menutupi jasad itu , seketika juga ia pingsan . Dan saat aku mencoba untuk melihat , bruk … lagi -lagi pandanganku gelap . Aku pingsan dan tak ingat apa-apa.

*

Balikpapan , 23 Desember 2007

Namaku Sina . Usiaku 21 Tahun tanggal 23 Desember ini . Kali ini aku mengenakan baju putih dengan Jilbab warna kontras . Dari cerita Miana aku tahu segalanya .

Hari itu tanggal 20 Desember 2007 aku yang mabuk berat dibawa ke rumah Sason . Aku dikerjai oleh mereka bertiga , aku memang tak menolak . Aku memang perempuan bayaran atau kasarnya aku memang pelacur . Tapi asal tahu saja , semua itu kulakukan demi keluargaku . Aku ingin membahagiakan keluargaku . Aku sudah bosan menjadi bahan hinaan dan olok-olokkan orang sekitar . Aku tak butuh belas kasihan , aku hanya butuh pengertian mereka . Aku ingin hidup layak . Apa mereka ngga punya hati nurani ya ? Harusnya di negeri yang tepo seliro ini , budaya gotong royong dan tolong menolong itu ada . Ini tidak , sekarang egoisme pada diri sendiri . Sudah hilang ras empati , perikemanusiaan , saling sayang menyayangi . Yang ada hanyalah Hedonisme , kanibalisme , konsumtif , liar tak terkendali , serakah dan egois . Gampang marah dan tersulut emosi . Ah …. kapan semua itu akan berubah .

Dan sebetulnya hari itu aku ingin berhenti dari pekerjaanku yang hina ini , Rohim menawarkan aku bekerja di hotel Syariah milik pamannya . Menurut cerita Miana , karena sudah dipengaruhi pil setan , Sonan dan ke 2 temannya tega membunuhku . Aku dilempar begitu saja di hutan pinggir kota . Dan menurutnya lagi mayatku ditemukan 2 hari kemudian , tepatnya tanggal 22 Desember , persis di hari Ibu .

Miana aku tidak ingat itu semua . Yang aku ingat sesaat sebelum menghembuskan nafas terakhir , aku masih sempat menyelamatkan seekor kelinci dari ular yang akan menerkamnya . Saat dibuang Sason nafasku masih ada. Meski lemah sekali .

*

NEGERI AWAN -AWAN

Ibu , Tia , Ario , Miana dan Rohim . Ternyata Allah maha baik . Beliau mendengar niatanku untuk bertobat dan menyelamatkan makhluknya dengan ikhlas . Kini aku bahagia sekali . Aku tidak mau memakai gelar itu lagi . Jangan panggil aku dengan nama itu . Panggil aku Sina . Jangan panggil aku pelacur .


Actions

Information

37 responses

2 01 2008
erander

Postingan bagus nih, kalo dilanjutkan jadi cerpen beneran.

13 01 2008
PETRUS ADI UTOMO

sobat sastra

kisah serupa banyak dialami, kawan2 hawa kita dinegeri ini, apa yang anda tulis semoga anda temui juga orang2 spt itu, sehingga menambah impati dan gerakan tuk menolong mereka dari lembah, bukan malah kita menikmati tubuhnya, dengan recehan uang kita……sip

petrus

13 01 2008
realylife

terima kasih atas dukungannya dan kunjungannya pak petrus .
saya lagi nyiapin cerpen baru buat ditulis nich
sering-sering berkunjung ya

13 01 2008
hadi arr

teramat banyak SINA-SINA yang lain, dengan berbagai alasan yang menyebabkan mereka terjerumus ke lembah maksiat itu. Kemilau dunia salah satunya, manakala rasa syukur tak hadir yang ada hanyalah budak dari nafsu yang membentangkan jalan sesat.
Salam kenal, tulisan yang bagus dan enak dibaca
Ditunggu tulisan-tulisan berikut

13 01 2008
realylife

terima kasih atas komentarnya,
Insya Allah akan ada yang lain
sering-sering berkunjung ya

13 01 2008
dimaskodri

Waduh, setting tempatnya membuat saya bisa serasa memvisualisakan…
apalagi sekarang saya tinggal di hotel di kota yang sama, lengkap dengan PUB di bawahnya..kadang tengah malem suka kebangun di kamar karena suara orang teriak2 karena mabuk..kadang mereka berantem dan saya nonton aja dari kamar..kebayang aja kalau ternyata ada orang2 seperti Sina di situ..

13 01 2008
realylife

lho memangnya mas dimaskondri tinggal di balikpapan ya ?
tapi makasih ya atas kunjungannya
sering-sering berkunjung ya

13 01 2008
dimaskodri

iya..saya baru aja sekitar dua bulan pindah ke balikpapan ini…sekarang masih tinggal di hotel blue sky..mudah2an bulan depan udah resmi jadi warga balikpapan…

wah , saya doakan supaya bisa jadi resmi warga balikpapan.
sering-sering mampir ya mas.
sukses selalu

13 01 2008
Ari Wibowo

lho, dah jadi hantu tho?😀
Nice Story, saya tak menyangka endingnya bisa gt. lanjutkan lagi… jangan lupa dikabarin

13 01 2008
realylife

sip , nanti tak kabarin
makasih ya atas kunjungannya
sering-sering mampir ya

14 01 2008
botakmd

wow,,,bener2 kisah yg menarik.
trs berkarya ya!
jangan lupa kasih tau saia klo ada kisah yg menarik lg ok!🙂

ok dech , jangan lupa ya untuk sering-sering mampir , jadi bisa tau kalo ada kisah yang bagus lagi

15 01 2008
greensand

wogh! Luar Biasa …

membacanya baris-baris awal, ternyata semakin memaksa untuk membaca sampai baris akhir, … sudah lama nggak baca kisah2 seperti ini nih…

Thanks dah mampir ke http://greensand.wordpress.com/2008/01/14/movie-kawin-kontrak

yang ceritanya nggak sehebat kisah yang kamu tuturkan di sini.

Alhamdulillah mas , semuanya juga datangnya dari Tuhan.
Makasih ya udah mampir , ntar aku coba posting kisah baru lagi
kalo ada cerita baru info ya ?

16 01 2008
ann!sha

Saya tak pernah berhasil menceritakan laki-laki dalam tulisan saya karena saya perempuan dan saya merasa ‘gagal’ mengenal laki-laki. Anda yg laki-laki terhitung ‘berani’ mencitrakan perempuan dalam tulisan diatas. Salam buat perempuan yang jadi referensi anda yah.

Salam kenal!

salam kenal juga mbak . saya yakin dengan terus berlatih nanti pasti bisa menceritakan sosok laki-laki seutuhnya dalam penceritaan mbak . ntar saya salamin dech . makasih ya udah mau mampir . sering-sering silaturahmi ya

17 01 2008
dimaskodri

mas..kapan nih ada cerpen baru..ditunggu ya..

ini saya undang untuk baca cerpen saya jg yang udah agak lama..

http://dimaskodri.wordpress.com/2007/12/04/je-viens-ce-soir/

Insya Allah dalam waktu dekat , nanti saya kasih khabar monsieur . Wah bole nich jadi referensi cerita berbahasa prancis . J`aime beacoup . Mercy pour invite moi .

17 01 2008
Dee

menyentuh… Allah Maha Adil, Maha Tahu apa yang ada di benak hambaNya. Hanya manusia yang sering berlebihan dalam menilai seseorang.

Ya , saya mau mengingatkan saja , bahwa Allah memang Maha segalanya , yang berhak menilai hanya Dia .
makasih mbak sudah silaturahmi , sering -sering mampir ya

22 01 2008
scarion

sori, belom baca semua, cuma sekilas. btw, isinya menarik (lah, darimana gue tau isinya menarik kalo gue belom baca?) lol

wah , saya tunggu aja dech pas udah baca ya . he he he .
tapi makasih ya atas silaturahminya
sering – sering silaturahmi ya

23 01 2008
akoeji

ceritanya tentang apa yach … *komen dulu baru baca belakangan*😆
*siapa-siap baca*

iya aku nunggu komentnya ya . o iya makasih atas silaturahminya . sering – sering silaturahmi ya

27 01 2008
AkuAdalahAku

Ceritanya bgs bgt. Keren. Aku kira awalnya seperti cerita “17 tahun” keatas. Tadinya udah sempet males baca. Tapi pas ngebaca “…aku kaku bagai es…” baru saya sadari ini bkn cerita sembarangan.😀 keren. Didasari kejadian nyata atau bukan. Mas udah berhasil membungkusnya menjadi cerita yg menarik.
Salam kenal.

sebenernya antara kisah nyata dan bukan nyata . karena emang kenyataannya ada , dan saya hanya mencoba menggali dari sisi yang saya bisa , makasih atas pujiannya , semoga saya semakin rendah hati dan mengingat semuanya dari Tuhan , dan lebih memotivasi untuk membuat karya lain yang sesuai dengan hati nurani

27 01 2008
hujanderas

cerpennya bagus bang. selamat berkarya

terima kasih . atas kunjungannya . sering – sering silaturahmi ya

28 01 2008
tifa_ina

wah……….,critanya nyentuh bgd n trus buat crita2 laen yg lebih bagus lg ya ditunggu j dech crita2nya jgn lupa kbari ok

oke dech tifa , nich sekalian aku kasih tau ada cerpen baru lagi .
sering – sering silaturahmi ke sini ya
makasih

6 02 2008
Tito

Saya boleh acungkan jempol. Alurnya menarik. Tidak bosan untuk dibaca.
Sedikit masukan, penggunaan titik koma, masih perlu dikoreksi.
Tapi, saya suka ceritanya.

makasih banyak mas . makasih juga buat koreksinya , jadi bisa buat saya memacu untuk bikin yang lebih baik lagi . terima kasih atas kunjungannya , sering – sering silaturahmi ya

9 02 2008
anakrimba

Bagus bro, sangat menyentuh
Harusnya di negeri yang tepo seliro ini , budaya gotong royong dan tolong menolong itu ada . Ini tidak , sekarang egoisme pada diri sendiri . Sudah hilang ras empati , perikemanusiaan , saling sayang menyayangi . Yang ada hanyalah Hedonisme , kanibalisme , konsumtif , liar tak terkendali , serakah dan egois . Gampang marah dan tersulut emosi

inilah, dengan kemajuan jaman, masa budaya indonesia yang luhur malah jadi luntur?

ya begitulah kadang modernisasi malah menghasilkan hal yang negatif . Semoga masih ada yang punya rasa empati dalam dirinya dan mencerahkan orang lain
terima kasih sudah silaturahmi , sering – sering silaturahmi ya

19 02 2008
deniar

Walaupun penulisnya pria, tetapi cara membawakan sudut pandang pada wanitanya benar2 berasa wanita. Nice story

Ceritanya bagus, aku cukup tervisualisasikan. Nice

terima kasih . Insya Allah bisa buat lagi , lagi nyari inspirasi . jadi bisa buat komiknya ? terima kasih ya sudah silaturahmi , sering – sering silaturahmi ya

19 02 2008
duniaichigo

Bagus cerpennya, mampu menyentuh hati pembaca *chigo*

terima kasih mbak , semoga pujian ini semakin membuat saya berusaha untuk terus berkarya . terima kasih silaturahminya ya

20 02 2008
nirwan

salam

idenya bagus. sayang, logika dan plotnya kurang mendukung🙂

sina ingin tobat tapi niatnya pragmatis betul. Itu karena karena dia dapat tawaran kerja di Hotel Syariah. Toh, sebelumnya dia mati, bukankah dia menikmati dengan sangat kenikmatan champagne dan pesta seks itu? bagaimana bila analoginya begini: “Saya sangat perlu uang korupsi untuk membangun mesjid di kampung saya. Orang harus mengerti dan tidak boleh egois.”😀

Saya kira, ketika dia mengenakan jilbab di negeri awan-awan, itu karena ini: ” Yang aku ingat sesaat sebelum menghembuskan nafas terakhir , aku masih sempat menyelamatkan seekor kelinci dari ular yang akan menerkamnya .” Tapi ini pun perlu dipertanyakan, bukankah kelinci dimakan ular adalah sebuah hukum alam? Yah, mungkin saja di tengah ketidakberdayaannya karena sedang sekarat itu, Sina masih sempat-sempatnya mengeluarkan tenaga terakhirnya (bila pun ada) untuk menyelamatkan kelinci itu.

Kedua, tidak dijelaskan sebab Sason Cs tega membunuh Sina. Kasusnya apa? apakah hanya karena mabuk? Apalagi Sason dan Sina, “belakangan ini cukup akrab”. Ketika ini tidak dijelaskan oleh penulis, jalan cerita pun pincang karena kekuatan tulisan ini justru cerita orang mati yang melihat kehidupan sebelumnya.

Dan ini, anehnya, “Saat ibu perlahan membuka kain yang menutupi jasad itu , seketika juga ia pingsan . Dan saat aku mencoba untuk melihat , bruk … lagi -lagi pandanganku gelap . Aku pingsan dan tak ingat apa-apa.” Bagaimana mungkin roh orang yang telah mati pingsan?😀

Kayaknya kritiknya kebanyakan ya. Apalagi baru diundang kemari hihihihi😀
Tapi ah, bukankah kritik itu membuat sehat suatu karya.

Terimakasih telah mengundang saya, mas. Saya mungkin betah di sini. Bravo !!!

salam dari medan
nirwan

Alhamdulillah masih ada yang mengkritik begitu banyak , toch ngga ada manusia yang sempurna khan . Insya Allah saya akan terus belajar memperbaiki diri , tapi namanya juga cerita pendek , banyak detail yang hilang . Sepertinya dapat ide dan inspirasi untuk menjadikan ini sebuah novel . Makasih banyak bang , kayaknya kita sama – sama dari medan nich .
terima kasih atas kunjungan balasannya , kritikan justru akan membangun kita , ketimbang pujian , yang kadang – kadang ngga membangun kita malah justru menidurkan kita di titik yang namanya cepat puas diri
bravo juga buat abang
sering – sering silaturahmi ya

12 05 2010
puji

mbk..kisahmu sama sperti aku..tapi bedanya aku adalah ayam kampus yang mana aku di cari oleh om2 yang kaya…
aku berlimpahan harta ..tetapi …ada penyesalan yang kuarasakan…
gelar sarjana…apa tu gelar jika ku mndaptknya dgn jln kotor…
mbak..mksh ya ..cerpennya sangat bagus

19 03 2008
qwen

ehm…cerpen yg bagus, saya sangat menyukai sastra tapi saya tak punya banyak keberanian untuk mengeksplor sastra dalam diri saya…mohon petunjuk..:)

Alhamdulillah , terima kasih . saya memberikan tipsnya lewat email ini ?
tapi sebagai langkah awal menulislah dari hati
makasih ya sudah silaturahmi di sini
sering3 ya , jangan bosan

15 04 2008
tias tatanka

salam, aku belum baca semuanya, bung, tapi lihat komentar yang brederet2 itu, aku yakin cerpenmu bagus.
terimakasih atas doa untuk mas gong. insya allah masgong membaik. amiin.
salam,
tt

sama-sama . Insya Allah , Allah mengabulkan doa kita semua demi kesembuhan mas gola gong. terima kasih sudah mau baca dan silaturahmi di sini
sering3 ya , jangan bosan3 ya, saya harap bisa membaca cerita-cerita saya lagi

5 05 2008
nenyok

Salam
Cerpennya sangat bagus, begitu menyentuh🙂

25 06 2008
Egge

Hebat….banget….alur cerita bagus dan akhir cerita juga susah ditebak, aku suka banget cerpen ini…..sdh jadi warga Balikpapan mas, salam dari anak Balikpapan di perantauan…

3 08 2008
asri

kerennnn🙂

4 08 2008
elmo

wah..bagus banget ceritanya.. 🙂

12 10 2014
Sumber Info

Also, check out that the dealer of parts is authentic and
genuine, so that one is saved from getting counterfeited parts
in their hands. Notebook battery life is a big concern among users
due to the high costs of battery replacement. While You Wait Acer Laptop Motherboard Repairs Service:.

24 12 2015
คลิปโป๊

you’re in reality a excellent webmaster. The site
loading speed is incredible. It kind of feels that you
are doing any unique trick. Furthermore, The contents are masterwork.
you’ve performed a wonderful task on this topic!

3 03 2016
ดูหนังโป๊

I read this paragraph completely regarding the difference of latest and previous technologies, it’s remarkable article.

5 03 2016
หนังเอ็ก

Yes! Finally someone writes about xnxx.

21 08 2016
alltägliche englisch vokabeln

Wer hat sich nicht schon einmal gedacht, das Erlernen einer Sprache (z.B.
Englisch lernen) ganz neben bei in der Freizeit zu erledigen.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s