air , tanah , minyak , bumi … are we going to save them ???

22 05 2008

Lihatlah betapa jernih dan beningnya air di atas . Tapi sampai kapan ya kebeningannya akan seperti itu ? apakah 20 atau 50 tahun lagi ? apakah sampai anak cucu kita bisa menikmatinya ?

Entahlah , apabila melihat kondisi sekarang yang makin kacau dengan krisis energi yang menimpa seluruh belahan dunia . Bahkan negara super makmur seperti amerika sendiri ikut merasakan dampaknya.

Lalu apa yang akan kita lakukan , hanya diam menunggu semua kehancuran yang ada di depan mata , atau memulai aksi yang positif dan nyata ?

Teringat akan perjuangan seorang wanita bernama ” jean ” warga paris yang berjuang menyelamatkan keliaran sungai di paris , perjuangan Tiga serangkai memicu bangkitnya nasionalisme pada tahun 1908 , perjuangan seorang ” kartini ” demi kemajuan kaum perempuan di negeri ini , proklamator kita Bung Karno dan Bung Hatta serta seluruh pejuang negeri hingga kita bisa menikmati indahnya nikmat kemerdekaan hari ini , ribuan pasukan kuning yang berjuang demi kebersihan suatu wilayah tanpa pernah meminta balas dan penghargaan , ribuan tenaga pahlawan tanpa tanda jasa yang mendidik dan mencetak generasi handal seperti Pak Susilo Bambang Yudoyono , Pak Habibie , Almarhum Bapak Soeharto , Ibu Megawati , Pak Gusdur yang menjadi pemimpin bangsa ini , perjuangan Susi Susanti , Elias Pical , Rudi Hartono , Ivana Lie, Lisa rumbewas , Ade Ray , Supriati Sutono , Mardi Lestari yang mengharumkan nama bangsa di pentas olahraga dunia , Cristine Hakim yang mengharumkan dunia seni negeri ini dengan bersanding mesra bersama Sharon Stone di pentas penghargaan film canes prancis , Anggun yang mengaku tetap sebagai orang Indonesia mengharumkan dunia tarik suara dunia bersama dengan krisdayanti yang dinobatkan sebagai the grand master Asia Bagus yang berlangsung di jepang beberapa waktu yang lalu , Karya anak negeri berupa sayap dari PT DI turut menghias sejarah penerbangan pesawat airbus 380 yang terbesar di dunia . Ah … ternyata banyak anak negeri ini yang berprestasi mengukir nama dan sejarah di dunia . Belum lagi generasi muda yang menembus dan meraih emas pada olimpiade sains sedunia.

Lalu … apa tak ada lagi rasa bangga ? apa memang harus saling bermusuhan , apa harus lempar-lemparan antara mahasiswa dan polisi ? apa mereka bukan warga negara yang satu ?

Krisis energi memang sudah mulai menimpa seluruh dunia , bukan saatnya saling bentrok antara sesama anak negeri , bukan saatnya .

Bukan saatnya saling kritis mengkritisi kebijakan para pimpinan pengambil keputusan , pertanyaannya adalah jika kita dalam posisi yang sama , apakah kebijakan kita lebih baik ?

Hai … Mahasiswa , generasi penerus bangsa ini , yang katanya akan menjadi calon pemimpin masa depan , apakah perjuangan harus diwujudkan dalam bentuk demonstrasi , kekerasan dan anarkis ? apakah tak ada cara yang lebih baik, lebih nyata , lebih real hasilnya dalam membela rakyat Indonesia yang terpuruk dalam beban dan menderita ?

Apakah pelajaran moral sudah tak diajarkan lagi di dalam kampus ?

Ingat , bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya , dan pahlawan itu toch juga manusia biasa , pasti punya cacat dan kekurangan , no body`s perfect.

Lihatlah , daripada mendemo BBM yang toch memang akan naik ,

Lihatlah , hutan kita yang mulai berkurang dari hari ke hari

lihatlah , sungai jernih yang mulai berkurang dari detik ke detik

lihatlah , gedung-gedung pencakar langit yang terus berdiri dan mengubah lahan menjadi batu

lihatlah , minyak dan sumber alam lainnya yang mulai menipis cadangannya

lihatlah mahasiswa , lihatlah rakyat negeri ini

semuanya bagai akan lenyap sebentar lagi

tanah yang mulai sulit didapatkan untuk perumahan , bumi yang semakin panas dengan global warningnya

moral yang mulai degradasi pada titik terendah , hingga jalur keluar rel semakin banyak.

Ayo dong mahasiswa , berjuang bukan cuma di jalan kok , berjuang juga bisa dengan cara yang lebih bermanfaat dan berarti , belajar yang benar , menjadi ilmuwan menemukan solusi yang bagus mencari sumber energi selain BBM , barangkali banyak yang setuju mengatakan itu bermanfaat.

Wah … kayaknya save the world , menyelamatkan dunia bukan cuma kerja satu individu saja , tapi seluruh makhluk , tanpa melihat perbedaan

Perubahan dan kebangkitan bukan barang yang jadi dalam semalam , butuh proses , lama tidaknya tergantung dari kita yang melaksanakan. Persatuan adalah kuncinya

tak pernah ada kata terlambat dalam memulai sesuatu , tak pernah ada kata menyerah dalam berjuang

bergerak dari hal yang kecil dan dimulai dari diri sendiri , itu yang sedang saya tanamkan pada diri saya

lantas

apa jawaban kita untuk pertanyaan ini

AIR , TANAH , MINYAK , BUMI … ARE WE GOING TO SAVE THEM ???

About these ads

Actions

Information

42 responses

22 05 2008
fisha17

So.. what we gonna do man???! :lol:

22 05 2008
edratna

Kita memang tetap harus optimis, bekerja keras, efisiensi pengeluaran biaya, hemat energi……dan penghijauan. Mudah2an masih ada harapan untuk perbaikan….

22 05 2008
Chic

harus iya.. udah banyak kok aksi nyatanya, hanya saja tidak didukung oleh pemerintah. dari apa cuma demo teriak-teriak, dari pada cuma bisa menuntut…

22 05 2008
Alex

ASS.

BANGKIT NEGERIKU, HARAPAN ITU MASIH ADA

(minjem istilah PKS)

mulai dari d\iri sendiri

22 05 2008
Alex=Olangbiaca

Jangan berputus asa, mari yuk…kita benahi dari diri kita, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara………..dunia

22 05 2008
Fikar

bener, kita jangan berputus asa..

22 05 2008
Dhimas

Hai … Mahasiswa , generasi penerus bangsa ini , yang katanya akan menjadi calon pemimpin masa depan , apakah perjuangan harus diwujudkan dalam bentuk demonstrasi , kekerasan dan anarkis ? apakah tak ada cara yang lebih baik, lebih nyata , lebih real hasilnya dalam membela rakyat Indonesia yang terpuruk dalam beban dan menderita ?

Setuju sekali saya.. Saya kalau mau cari makan, ngenet, labih suka jalan kaki jadi sehat dan sedikit save the earth, mungkin baru itu yang bisa saya lakukan untuk mengurangi polusi dan global warming..

22 05 2008
Rita

Saya setuju dengan kalimat : Tak pernah ada kata terlambat…..Selamat, mari berjuang bersama, senasib sepenanggungan, bahu membahu, bersatu memajukan bangsa….. walau hanya memulai dari hal2 kecil dahulu……

22 05 2008
tintin

Insya ALLAH mas .. kalo kita bisa menjaga lingkunga .. *standard banget* hehehe

22 05 2008
Rita

Berjuang adalah, salasatunya, belajar sungguh2, kembangkan keterampilan, agar dapat, mampu mengelolah sendiri kekayaan bumi Indonesia. contohnya di sorowako ini, tambang ini dikuasai orang asing…. Semoga suatu saat nanti kita dapat mengelolanya sendiri…. amien…. Terus lah Belajar Para Pemuda Bangsa!!!

22 05 2008
missglasses

media massa kebanyakan nyeritain kejelekan bangsa mulu, jadinya kita hanya tau keburukan bangsa, padahal sebetulnya banyak yg bisa dibanggakan dr indonesia :)

22 05 2008
ubadbmarko

Demonstrasi juga berjuang lho, asal dari hati nurani, bukan ditunggangi, teriakan mahasiswa yang menyerukan kebenaran dan keadilan demi kemakmuran adalah perjuangan, tetapi tidak sedikit mahasiswa yang tadinya lantang setelah punya jabatan melakukan penghianatan.

22 05 2008
Okta Sihotang

wah..
harapannya sih nggak akan terjadi ;)

oh ya, tgl 8 juni aku ada UAS….
emang dah itu tgl mentoknya ??
ide..klo dari aku sih, MAKNAN uey, itu penting..(canda)
pengennya cari tempat yang terjangkau utk semua orang, jadi nggak jauh2 dari kota medan (kotanya) ;)

22 05 2008
wier

ayolah bergerak!

22 05 2008
ayaelectro

alam kita untuk kita. kekayaannya harus diolah sebaik mungkin agar bisa berguna dngn baik….

22 05 2008
djunaedird

Optimis menatap masa depan, pastilah selalu kita nyalakan.
Saatnya sekarang yang muda yang bersuara :P

23 05 2008
Yoyo

seperti petuah bijak, “apa yang kita tanam, akan dituai oleh anak cucu kita”, berbuat dan dimulai pada diri sendiri dari hal-hal kecil semoga menjadi benih yang baik untuk anak cucu kita…

23 05 2008
nenyok

Salam
To save them?? jaga ekosistem , hemat, mencoba cari alternatif/subsitusi spy tidak tergantum pada SDA berbasis fosil yang tidak dapat diperbaharui dll. Hmm, Indonesia BIsa!!!!

23 05 2008
Yari NK

Yes…. we should save them because they are irreplaceable and it takes another million of years to form new deposits of petroleum! But to save is not the right word, to use wisely maybe is the more appropriate word! :D

23 05 2008
zoel chaniago

AIR , TANAH , MINYAK , BUMI semua milik negara,, dan digunakan untuk kemakmuran para pejabatnya,, rakyat nya kebagian apa?????

23 05 2008
Abeeayang™

hayok semuanyah mulai sekarang, bangkit dan berlarilah….menggapai indonesia maju dan sejahtera… :P
*kek kampanye*

23 05 2008
insansains

^_^ InsyaAllah kita semua bisa. Yuk.. bahu-membahu, jangan saling dorong-dorongan..!!

23 05 2008
langitjiwa

pasti bisa,bang. itu pasti bisa!

23 05 2008
eka

Jangankan 20 tahun, sekarang aja di Jakarta dah g ada kalie air bersih kayak gitu

23 05 2008
Elys Welt

tentu saja !

23 05 2008
Rindu

Selamatkan saya …. :)

23 05 2008
robby

harus dimulai dari diri kita sendiri supaya bisa menyelamatkan bumi kita ini.

23 05 2008
oliveoile

Hemat energi. Gunakan seperlunya.
Berusaha mencari bahan alternatif untuk menghemat sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui

23 05 2008
arifrahmanlubis

sip. positif sekali bang :)

jadi itu kopdar blogger medan?

salam buat lae-lae kita ya.

23 05 2008
azaxs

Weks.. kayae ada yang disindir nih….
Tapi saya juga setuju.. Save the World!! :)

23 05 2008
Rafki RS

Setuju. Persatuan adalah kuncinya. Hentikan semua hujatan dan hasutan kepada sesama elemen bangsa. Jangan sampai kondisi yang sudah susah dibikin tambah susah oleh tingkah polah kita yang merugikan orang banyak. Salut untuk perjuangan mahasiswa, tapi ingat hati-hatilah dengan setan gundul yang selalu siap menunggangi setiap aksi.

23 05 2008
hermanussugianto

Tugas berat yang harus kita pikul dan kerjakan bersama …..

23 05 2008
kabarihari

setidaknya saya sudah berhemat pemakaian air di rumah :D

23 05 2008
JoEy D`JuVe

Wew… Pemelintah lagi yang kena… hiks…

23 05 2008
achoey sang khilaf

untung ku bukan pemerintah :lol:

24 05 2008
nizar6189

Harus itu!

24 05 2008
natazya

are we going to save them?

omiGOD

we’re not going to… BUT WE MUST!

24 05 2008
rainydaystory

mari kita selamatkan mereka ^_^

24 05 2008
susiyanto

Saya sebagai Muslim sudah tentu akan terlibat memelihara sumber daya air sebab hal itu berarti menjaga kelangsungan bersih diri melalui thaharah. Dan komitment anda semua saya kira juga penting terlepas dari agama dan motivasi anda semua apa. Sedangkan urusan minyak tetap komitment untuk tidak bermubazir ria karn itu termasuk urusannya xxtan

27 05 2008
Akhmad Guntar

Sepakat!
Saya menyayangkan masih banyak mahasiswa yg berdemo tanpa tau permasalahan mendasarnya di mana, apalagi klo ditanya ttg solusi. Masih banyak mahasiswa yg baru bisa teriak tp malah menggolongkan dirinya sbg bagian dari masalah.

29 05 2008
ghaniarasyid™

yes, we are :)

31 05 2008
alfaroby

bangkit itu SUSAH…
susah melihat orang lain susah dan senang melihat orang lain senang,

bangkit itu TAKUT…
takut korupsi, takut makan yang bukan haknya,

bangkit itu MENCURI…
mencuri perhatian dunia dengan prestasi,

bangkit itu MARAH…
marah bila martabat bangsa dilecehkan,

bangkit itu MALU…
malu jadi benalu, malu karena minta melulu,

bangkit itu TIDAK ADA…
tidak ada kata menyerah, tidak ada kata putus asa,

bangkit itu AKU…untuk INDONESIAKU.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



Follow

Get every new post delivered to your Inbox.